Home / Seputar Madina / Harga Sejumlah Bahan Pokok di Madina Masih Stabil

Harga Sejumlah Bahan Pokok di Madina Masih Stabil

pasar 061212PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2013, harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) relatif stabil. Meski begitu, beberapa hari ke depan bisa saja berubah saat akan libur panjang.

Demikian disampikan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Prindag Pemod Kopresi dan UKM Madina Ikhwan Nasution kepada wartawan, Rabu (5/12) diruang kerjanya.

Disebutkannya, berdasar pemantauan di Pasar Panyabungan, Kotanopan dan Siabu, sejumlah harga kebutuhan pokok masih normal, meskipun ada beberapa yang naik dan turun.

“Jika kita persentasekan menjelang Natal dan Tahun Baru harga-harga ini masih sama dengan sebelumnya, semisal harga beras rata-rata di tiga pasar ini Rp. 8.317/kg untuk jenis Jongkong/C-4 dan beras 46. Gula pasir kisaran Rp.13.833/kg, garam beryodium Rp.3.000 /kg,” bebernya.

Kemudian tepung terigu Segitiga Rp.8.000/kg, minyak goreng curah Rp.11.167/kg, kelapa biji Rp.2.000/buah, bawang merah Rp.16.000/ kg.

“Sedangkan untuk cabe merah ada penurunan dari Rp.13.667 menjadi kisaran Rp.10.000 / kg untuk tingkat pedagang, kentang naik menjadi Rp.5.333 dari sebelumnya Rp.5.000, gula merah Rp.18.000/kg dari sebelumnya Rp.17.700/kg,” ujarnya.

Hal senada dikatakan pedagang di Pasar Baru Panyabungan Siti Boru Nasution mengatakan, harga bahan pokok dalam beberapa minggu terakhir masih relatif stabil, hanya saja hal ini bisa saja beberapa hari kedepan harga-harga kebutuhan itu naik karena akan ada libur panjang.

“Biasanya harga bisa naik, jika mendekati Tahun Baru sebab nanti banyak karyawan di perusahaan yang libur, sehingga akan mempengaruhi terhadap pasokan ke pasar-pasar, hal ini yang akan menyebabkan harga naik, tetepi itu biasanya hanya sekitar 2 % saja, berbeda jika ada penyebab lainnya itu kita tidak tahu,” jelasnya. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar