Home / Seputar Madina / Harga TBS Terus Melonjak

Harga TBS Terus Melonjak


Panyabungan, Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Mandailing Natal dalam tiga bulan terakhir terus melambung. Saat ini harga TBS Sawit di tingkat petani sebesar Rp 1.700 per kilo. Kenaikan harga TBS kelapa sawit perlahan tapi pasti membuat keuntungan yang berlimpah bagi petani kelapa sawit.

Seperti diungkapakan Darman Nasution, petani kelapa sawit di Desa Tano Tiris, Kecamatan Siabu, Rabu (08/12/2010). Dikatakannya, walaupun kenaikan harga sawit tidak drastis, namun sangat membantu petani karena kenaikannya mencapai 50 persen. Lulan lalu harga TBS di tingkat petani sebesar Rp 1.200 per kilo, sekarang harga di tingkat petani sebesar Rp 1.700 per kilo, jelas Darman.

“Mudah-mudahan harga TBS kelapa sawit agar terus naik, supaya kami petani kelapa sawit ini bersemangat terus untuk mengurus sawit. Jangan seperti tahun yang lewat, harga sawit sempat anjlok. Ini pun kami sangat takut, karena pada akhir tahun biasanya harga TBS sawit selalu anjlok. Mudah-mudahan jangan seperti tahun lalulah,” ujar Darman.

Harap Darman, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal supaya terus melakukan pengawasan harga TBS sawit, jangan sampai harga TBS sawit anjlok pada tahun ini, seperti yang terjadi pada tahun yang lalu. (BS-026)
Sumber : Berita Sumut

Comments

Komentar Anda