Home / Seputar Madina / Hj Nurliyah Kades Wanita Pertama di Siabu

Hj Nurliyah Kades Wanita Pertama di Siabu


Panyabungan. Hj Nurliyah terpilih sebagai Kepala Desa Muara Batang Angkola, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal. Kades wanita pertama di kecamatan tersebut menang dalam pemilihan kades, Sabtu (27/11), dengan meraih 238 suara, mengalahkan saingannya Tagor Lubis dengan 114 suara dari 463 suara dalam daftar pemilih tetap.
Ketua panitia Pilkades Abdul Lubis mengatakan, kemenangan Hj Nurliyah merupakan pilihan masyarakat, karena masyarakat memandang bahwa seorang perempuan itu juga patut memimpin desa seperti halnya Megawati Sukarnoputri yang pernah menjadi Presiden RI.

“Ini murni suara rakyat yang memberikan kepada salah seorang perempuan untuk memimpin desa. Ini merupakan bukti bahwa perempuan dan laki-laki itu sama dan masyarakat desa ini memberikan kepercayaan kepada Hj Nurliyah,” katanya.

Tokoh masyarakat Muara Batang Angkola, Rahmad, mengatakan, sebagai pemimpin formal, kepala desa dihadapkan pada kewajiban untuk merealisasikan program-program yang diinstruksikan dari atas, sesuai dengan jenjang kewenangan yang dimilikinya secara jelas.

Pada Pilkades Huta Godang Muda, Kecamatan Siabu, Zulkarnain terpilih dengan meraih 373 suara, menyisihkan rivalnya, masing-masing Edi Saputra (355 suara), Arpin (220), Benuaran (285) dan Suheri (107).

Amiruddin, ketua panitia Pilkades mengatakan, masyarakat sangat antusias untuk memberikan suaranya. Ini menandakan bahwa demokrasi di tingkat desa sangat tinggi.

Camat Siabu, Ramlan Dalimunthe, mengatakan, ia sangat bersyukur terhadap kesuksesan pelaksanaan Pilkades tersebut.

“Dari 23 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Siabu, baru kali ini ada calon kepala desa perempuan dan itupun langsung menang. Semoga kepala desa perempuan terpilih tersebut dapat membawa perubahan di dalam masyarakatnya dalam menjalankan roda pemerintahan desa,” sebutnya. (henri)
Sumber : Medan Bisnis

Comments

Komentar Anda