Home / Seputar Madina / HUT ke 12 Madina, Muspida & Wartawan Donor Darah

HUT ke 12 Madina, Muspida & Wartawan Donor Darah


Panyabungan,

Dalam rangka memperingati HUT ke 12 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Muspida Plus serta wartawan melaksanakan donor darah di Posko PMI Madina, RS Panyabungan, Kamis (10/03/2011).

Ketua PMI Madina M Yusuf didampingi Kepala Markas PMI Madina Romi Hidayat mengatakan, pihaknya akan terus mendorong berbagai pihak mendonorkan darahnya karena stok darah di Posko PMI Madina sangat kurang.

Dikatakannya, donor darah untuk menambah stok darah, karena selama ini stok darah di PMI Madina ini masih jauh kurang dari yang seharusnya dibutuhkan sebanyak 10% per bulan dari jumlah penduduk Madina.

“Stok darah di PMI masih jauh dari target. Makanya PMI Madina akan terus berupaya untuk menyediakan stok darah,” paparnya.

Lanjut Yusuf, dulu alat penyimpanan darah tidak ada di Madina sehingga harus menyimpan darah ke Padang Sidimpuan. Sekarang alatnya sudah ada, namun terkendala mengoperasikannya akibat kurangnya SDM.

“PMI Madina terus berusaha personilnya diberi pelatihan agar secepatnya alat ini bisa maksimal digunakan. Memang kita sudah tidak lagi menyimpan darah ke Padang sidimpuan setelah kita punya alat,” jelas Yusuf.

Masih kata Yusuf, kegiatan ini juga ajang sosialisasi agar masyarakat lebih giat mendonorkan darah. Karena selama ini masyarakat mengira kalau melakukan donor darah bisa lemas dan tidak bisa beraktifitas selama tiga hari.

“Anggapan masyarakat itu salah. Malah kalau kita melakukan donor darah secara rutin tiga bulan sekali, kita akan sehat dan di agama donor darah ini sangatlah mulia, karena darah kita digunakan oleh yang membutuhkan,” tandasnya. (BS-026)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda