Home / Pendidikan / HUT Madina, SMA-SMK Dapat Biaya Tambahan

HUT Madina, SMA-SMK Dapat Biaya Tambahan

 

Beasiswa Naik Menjadi 1,5 Milyar

Bupati Madina, 100313PANYABUNGAN (Mandailing Online)   Di HUT Mandailing Natal (Madina) ke-14 tahun ini, pemerintah daerah tidak saja menggenjot laju pertumbuhan ekonomi, infrastruktur. Dana untuk pendidikan makin meningkat agar orang tua pelajar makin ringan.

Itu terungkap pada Paripurna Istimewa DPRD Madina tentang HUT Madina ke-14, Jum’at (8/3) dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Madina Syafaruddin Ansyari Nasution.

Bupati Madina, Hidayat Batubara dalam pidatonya menyatakan, di sektor pendidikan sudah dimulai sejak tahun 2012, adalah membuka peluang kepada semua pelajar miskin untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi.

Tahun 2012 berbiaya 900 juta dari APBD Madina. Tahun ini bertambah menjadi 1,5 milyar, dimana setiap siswa dan siswi mendapat 5 juta per tahun.

Pelajar SLTA dan SMK juga mendapat pembiayaan dalam program BOS Daerah sebasar 7 milyar rupiah. Kemudian pembelian pakaian seragam sekolah untuk SMA dan nSMK sebesar 3,2 milyar rupiah. Selain itu ada juga tunjangan daerah khusus untuk guru sebesar 378 juta rupiah.

Kepada alumni STAIM peringkat 1,2 dan 3 mendapat beasiswa untuk program pasca sarjana sebesar 184 juta rupiah.

Bupati berharap, dengan program yang dikucurkan akan meringankan beban orang tua anak didik di satu sisi, dan memberikan peluang kepada seluruh usia didik mampu menempuh jenjang pendidikan yang dicita-citakan.

Bupati dalam hal ini meminta pengertian semua pihak, sebab baru sebatas itu kemampuan keuangan daerah. Dia berharap tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan sehingga target semua anak didik mampu dibiayai oleh daerah dapat terwujud.(mar)

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar