Home / Budaya / HUT RI, Istana Negara Undang Gordang Sambilan

HUT RI, Istana Negara Undang Gordang Sambilan

Gordang Sambilan Mandailing
Panyabungan (MO) – Pemerintah RI secara resmi mengundang kelompok Gordang Sambilan dari Mandailing dalam rangka pertunjukan pada HUT RI di istana negara, Jakarta.
Memenuhi itu, grup Gordang Sambilan dari Kecamatan Ulu Pungkut, Mandailing Natal (Madina) bertolak hari ini Sabtu (4/8)dari Panyabungan ke Jakarta.

Sobir Lubis, aktifis lembaga kesenian Sian Huta kepada Mandailing Online, Sabtu (4/8) di Panyabungan mengungkapkan pertunjukan Gordang Sambilan di istana negara ini merupakan hasil koordinasi antara pihak pemerintah dengan putra putri perantau Mandailing dan Ikatan Keluarga Nasution (Ikanas) di perantauan.

Persiapan grup Gordang Sambilan Ulu Pungkut sudah matang setelah melakukan rangkaian pematangan di Ulu Pungkut. Di Jakarta grup tersebut akan meningkatkan durasi latihan agafr tampil maksimal dan memukau di HUT RI.

Sobir mengucapkan terimakasih kepada para putra putri perantau khususnya Ikanas yang sangat peduli mengangkat Gordang Sambilan ke kancah nasional sehingga lebih populer di indonesia dan di mata pemerintah.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Madina, Fakhrizal Efendi Nasution menyatakan gembira Gordang Sambilan ditampilkan pada HUT RI di istana negara. Ini merupakan kemajuan yang sangat bagus terhadap eksistensi alat musik tradisional Mandailing tersebut.

Fakhrizal juga mengucapkan terimakasih kepada putra putri perantau di Jakarta dalam perjuangan lobi-lobi kesenian terhadap pemerintah. Tak kalah penting rasa salutnya kepada seluruh para pelaku Gordang Sambilan di tanah Mandailing yeng terus eksis dan komit melestarikan Gordang Sambilan.

Momen ini, menurutnya harus menjadi batu tonggak bagi pemerintah Kabupaten Madina untuk lebih fokus mengembangkan kesenian tradisional Mandailing, dengan meningkatkan anggaran dana pembinaan, pelestarian dan pengembangan kesenian Mandailing terutama Gordang Sambilan. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar