Home / Berita Sumut / Inalum Gandeng Pers Promosikan Budaya

Inalum Gandeng Pers Promosikan Budaya

Kualatanjung  – PT Inalum turut memiliki perhatian pada bidang pelestarian budaya. Salah satu upaya ini diwujudkan dengan mengadakan lomba karya tulis tentang budaya, wisata dan kuliner Batubara sejak Juli hingga November 2014 lalu, bekerja sama dengan PWI Batubara. Puncaknya, peluncuran buku "Budya, Wisata dan Kuliner Batubara: Tak Lekang Sepanjang Zaman" pada 7 Januari 2015 di RM Mangga, Batubara. Peluncuran buku tahap pertama yang dicetak 700 eksemplar ini secara resmi dilakukan oleh manajemen PT Inalum yang diwakili, Carry EF Mumbunan (Direktur Umum & SDM), didampingi Arfan Iqbal Harahap (Manager Pemberdayaan Masyarakat), Moranta Simanjuntak (Manager Humas), Ganda Sukamana (Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat) dan Julian Faisal (Junior Manager Humas).

Dari PWI Batubara hadir Syahril HB (Ketua PWI Batubara), Agusdiyansah Hasibuan (Sekretaris PWI Batubara). Dari Pemkab Batubara hadir Ahmadan Choir (Assistant I Batubara yang mewakili Bupati), hadir pula Selamat Arifin (Ketua DPRD Batubara), Ishak Liza (Kadisporabudpar Batubara), Syarisyam (Sekretaris Dinas Pendidikan Batubara), Anwardi (Kepala Perpustakaan Batubara) dan Aladin (Kadis Infokom Batubara).

Carry EF Mumbunan dalam sambutannya menyampaikan bahwa buku tersebut merupakan karya putra daerah, yang isinya sangat bermanfaat untuk masyarakat umum.

"Selain mengeksplorasi keindahan, keunikan, serta daya tarik yang dimiliki oleh Kabupaten Batubara, di dalamnya juga terdapat kritik dan saran yang dapat membangun Kabupaten Batubara menuju ke arah yang lebih baik ke depannya," kata Carry.

Hal senada juga disampaikan Selamat Arifin, Ahmadan Choir dan Syahril HB. Ketiganya sependapat bahwa buku tersebut selain bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan wisata Batubara, juga memberikan usulan dan kritikan yang membangun untuk kemajuan budaya dan wisata di kabupaten Batubara.

Bupati Batubara dalam sambutan tertulisnya pada buku yang dicetak oleh Wal Ashri Publishing ini, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan manajemen PT Inalum atas terlaksananya lomba karya tulis jurnalistik dan peluncuran buku ini. Dirut PT Inalum Ir Winardi juga menuliskan sambutan di buku bertebal 101 halaman tersebut.

"Ini adalah salah satu wujud program pemberdayaan masyarakat PT Inalum (Persero) untuk menghargai dan melestarikan budaya lokal. Berdasarkan kemampuan perusahaan, telah direalisasikan dalam bentuk dukungan dan sponsor pelaksanaan Kegiatan Pekan Budaya Melayu (PBM) dan Pekan Seni dan Budaya Daerah (PSBD) di Indrapura serta Festival Danau Toba".

Pada acara tersebut, selain pengumuman dan penyerahan trofi, uang pembinaan dan sertifikat kepada para juara dari dua kategori lomba karya tulis yaitu anggota PWI dan non-PWI, PWI Batubara juga menyerahkan plakat penghargaan kepada Carry EF Mumbunan atas kontribusi PT Inalum untuk melestarikan budaya dan seni di Batubara selama ini.

Sekretaris PWI Batubara Agusdiansyah Hasibuan mengatakan, sebanyak 700 buku akan didistribusikan kepada pemerintah, masyarakat, sekolah dan perpustakaan yang ada di Batubara.(medanbisnis)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar