Home / Seputar Tapsel / IPHI Sidimpuan Apresiasi Kinerja Polisi Basmi Tindak Kriminal

IPHI Sidimpuan Apresiasi Kinerja Polisi Basmi Tindak Kriminal

P. Sidimpuan, Keberhasilan yang ditunjukkan Polres Padangsidimpuan dibawah kepemimpinan AKBP Andi Syahriful Taufik dalam mengungkap dan menangkap para pelaku tindak kriminal tanpa pandang bulu merupakan suatu hal yang layak diapresiasi.
Demikian dikatakan, ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota P. Sidimpuan H Martua Raja Harahap kepada Analisa di P. Sidimpuan, Jumat (6/1).

Dikatakan, kewaspadaan dan pemberantasan berbagai tindak kejahatan di Kota P.Sidimpuan oleh aparat kepolisian dibantu seluruh masyarakat semakin hari semakin meningkat.

“Kota Sidimpuan sudah sempat di kategorikan daerah rawan terhadap peredaran narkoba. Makanya kami selaku elemen masyarakat sangat berterimaksih atas upaya tegas pihak kepolisian. Kami akan selalu memberikan dukungan penuh kepada pihak kepolisian dalam memberantas berbagai tindak kriminal, judi dan narkoba di kota ini, ” ujarnya.

Dijelaskan, peredaran narkoba yang semakin marak akhir-akhir ini di Kota dalihan natolu merupakan permasalahan yang sangat mengkhawatirkan, bahkan sudah sangat meresahkan warga kota P.Sidimpuan, apalagi adanya oknum-oknum aparat yang terlibat dalam peredaran narkoba tersebut,

“Apa yang dilakukan Polres Sidimpuan dalam membasmi tindak kejahatan itu sudah sedikit mengobati rasa kekhawatiran warga, namun demikian polisi harus tetap mampu semakin meningkatkan konsolidasi dengan aparat-aparat terkait dalam penegakan hukum dan pemberantasan peredaran narkoba dengan tidak menurunkan tingkat kewaspadaan, ” katanya.

Menurutnya, aparat keamanan jangan sampai melonggarkan kewaspadaan, namun harus terus melakukan berbagai upaya untuk membongkar jaringan dan membasmi peredaran narkoba yang dapat merusak generasi muda khususnya pelajar.

Martua mengatakan, dalam membasmi tindak kejahatan, aparat kepolisian harusnya juga tidak hanya sebatas menindaklanjuti pelanggaran hukum yang telah terjadi. Tetapi yang lebih penting adalah mencegah pelanggaran hukum agar masyarakat tidak terganggu kenyaanannya karena merasa tidak aman.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Drs. Nggelem Ginting, MM juga mengungkapkan penghargaannya atas keberhasilan Polres Sidimpuan dalam menangani pelaku tindak kejahatan.

“Kita sangat menghargai keberhasilan aparat Polres Sidimpuan dalam menangani tindak kejahatan di Kota ini, ” terangnya.

Meski demikian katanya, LPPM memandang, penanganan berbagai tindak kejahatan yang terjadi, terutama dalam aspek pencegahan, tidak bisa dilakukan hanya dengan pendekatan keamanan saja namun juga harus dilakukan melalui pendekatan sosial kemasyarakatan.

“Penanganan tindak kejahatan tidak cukup dengan pendekatan keamanan saja, tetapi harus juga dilakukan pendekatan kepada masyarakat sebagai pemberi informasi, sehingga penindakan dan pencegahan secara propesional yang dilakukan aparat kepolisian dapat membuat efek jera kepada pelaku kejahatan dan polisi juga tidak hanya bereaksi setelah terjadi pelanggaran hukum. Namun juga harus melakukan antisipasi secara optimal,” terangnya. (hih.analisa)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar