Home / Seputar Madina / Jakfar Lubis Asal Madina Utusan Sumut Lomba Kopetensi Siswa Tingkat Nasional

Jakfar Lubis Asal Madina Utusan Sumut Lomba Kopetensi Siswa Tingkat Nasional

Dari kiri, Sekretaris Dinas Pendidikan Madina, M.Yasir Lubis; Jakfar Lubis, Sekda Madina, Syafei Lubis; Kepala SMKN 2 Panyabungan, M.Husin Harahap; guru pembimbing Suharta Sikumbang.

Dari kiri, Sekretaris Dinas Pendidikan Madina, M.Yasir Lubis; Jakfar Lubis, Sekda Madina, Syafei Lubis; Kepala SMKN 2 Panyabungan, M.Husin Harahap; guru pembimbing Suharta Sikumbang.

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Jakfar Lubis siswa kelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan menjadi utusan Sumatera Utara di Lomba Kopetensi Siswa (LKS) bidang Kabinet Making tingkat Nasional.

Jakfar Lubis diberangkatkan Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Syafei Lubis, Jum’at (20/5/2016) dari perkantoran Pemkab Madina  menuju Malang, Jawa Timur lokasi Lomba Kopetensi Siswa. Lomba tingkat nasional itu akan digelar tanggal 23 sampai 28 Mei di Universitas Negeri Malang.

Penatapan Jakfar sebagai utusan Sumut di tingkat nasional ini menjadikan 2 pelajar Madina even nasional tahun ini. Sebelumnya, pada tanggal 12 Mei lalu Fitra Suryani, siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal juga menjadi utusan Sumut di Olimpiade Sains tingkat Nasional di Palembang. Saat ini Fitra masih bertarung melawan utusan provinsi lain dari seluruh Indonesia.

Pemberangkatan Jakfar itu dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Madina, M.Yasir Lubis. Sementar Kepala SMK Negeri 2 Panyabungan, M.Husin Harahap dan guru pembimbing Suharta Sikumbang akan turut mendampingi Jakfar menuju Malang.

Sekda, Syafei Lubis dalam kesempatan itu memberikan motivasi kepada Jakfar, dimana bidang lomba yang diikutinya merupakan bidang yang langka dan kiranya Jakfar bisa menjadi seorang motivator bagi pelajar Madina lainnya.

“Ananda harus tetap semangat, perhatikan gambar dengan cermat karena itu merupakan petunjuk, lomba ini memerlukan keuletan, ketelatenan dan usahakan tepat waktu. Padukan ilmu yang didapat di sekolah dengan pengalaman praktek,” ujar Syafei.

“Memang beban yang Ananda tanggung sungguh berat, sama kamulah beban Madina dimana nanti nama mu akan disebut di Malang. Anada akan bertanding dengan utusan-utusan provinsi lainya,” ujar Syafei.

”Ini adalah awal sebuah karir, usahakanlah yang terbaik jadilah kamu pejuang pengahrum nama daerah kita. Atas nama Pemerintah Kabupaten Madina Ananda kami berangkatkan, dan kepada kepala sekolah dan guru pembimbing kami ucapakan terimaksih atas prestasi yang diraih,” kata sekda menambahkan.

Dalam kesempatan itu,  sekretaris Dinas Pendidikan menyampaikan harapanya semoga nantinya Jakfar bisa berpretasi di Malang.

“Kepada Ananda Jakfar semoga mampu mengukir prestasi di tingkat nasional, niscaya masyarakat dan dunia pendidikan Madina mendo’a kan kesuksesan Ananda,” ujar M.Yasir.

Kepala SMKN 2 Panyabungan, M.Husin Harahap bersama guru pendamping Suharta Sikumbang menyampaikan rasa optimisnya.

”Saya optimis kita bisa sukses di tingkat nasional. Sudah 17 tahun Kabupaten Madina berdiri, baru kali ini kita bisa meraih prestasi ini. Oleh karena itu saya akan tetap mendampingi Ananda Jakfar hingga ke Malang,” kata Husin.

Jakfar Lubis menjadi utusan LKS Tingkat Nasional dalam cabang Kabinet Making utusan Sumut, setelah dia meraih juara I pada tingkat provisni di Medan pada tanggal 09 hingga 12 Mei 2016 lalu.

Peliput : Ismail Nasution

Editor  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar