Home / Seputar Madina / Jemaah Haji Asal Madina Jalin Kerja Sama Dengan KKSU

Jemaah Haji Asal Madina Jalin Kerja Sama Dengan KKSU

 

MAKKAH (Mandailing Online) – Untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji di Mekkah dan Armina,  jemaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang tergabung dalam kloter 3 Medan menjalin kerja sama dengan Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU) yang tinggal di Mekkah.

Itu dikatakan Ketua Kloter 3 Embarkasi Medan, Ahmad Zainul Khobir Batubara, S. Ag, MM, Jum’at (25/9)  saat dihubungi via telefon seluler.

Hingga sejauh ini kondisi jemaah haji asal Madina dalam keadaan sehat dan pelaksanaan ibadah haji juga lancar-lancar saja.

“Di Mekkah ini kita kerja sama dengan KKSU, jadi setiap pelaksanaan ibadah haji asal Madina dipandu oleh rekan-rekan dari KKSU,” ujarnya.

Dikatakannya, keuntungan kerja sama dengan KKSU ini sangat banyak, setiap kegiatan mulai dari kedatangan jemaah di Mekkah sampai kepada ziarah di Mekkah dan Madinah, pelaksanaan umrah wajib dan sunat tiga kali, penyaksian pemotongan DAM serta penyalurannya kepada perkampungan miskin di Mekkah dilakukan bekerja sama antara ketua kloter dengan KKSU. Jadi semua pelaksanaan ibadah haji ini dipandu KKSU dan ketua kloter.

“Begitu juga saat zikir dan doa menjelang Armina, berangkat menuju Arafah, perlengkapan pelaksanaan wuquf di Arafah, persiapan menuju Musdalifah, pelaksanaan jumratul ula, wustha dan aqabah, pelaksanaan tawaf ifadah, pelaksanaan tawaf wada’ dan persiapan pulang menuju tanah air nanti akan dipandu rekan-rekan dari KKSU. Jadi jemaah haji asal Madina di sini seperti jemaah haji plus,” ungkapnya.

Untuk itu, atas nama perwakilan jemaah haji asal Madina, dia sangat berterima kasih kepada pihak KKSU karena telah memandu jamaah.

“Kita berharap di tahun depan kerja sama seperti ini bisa lagi terwujud agar jemaah haji  dalam melaksanakan ibadah terbantu dan merasa nyaman dalam beribadah.

Sementara itu, Ketua KKSU di Mekkah, H. Zulham Efendi Lubis yang dihubungi via seluler mengakui adannya kerja sama ini.

“Iya, kita ada kerja sama dengan jemaah asal Kabupaten Madina. Semua kegiatan ibadah haji akan kita pandu. Terus terang, sebagai jemaah haji yang baru datang di Mekkah tentunya banyak pelaksanaan dan tempat haji yang belum di ketahui, jadi untuk memperlancar ibadah jemaah ini kita pandu,” ujarnya.

 

Peliput  : Lokot Husda Lubis

Editor: Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar