Home / Seputar Tapsel / Kapoldasu: Nilai Investasi di Daerah Ini akan Meningkat

Kapoldasu: Nilai Investasi di Daerah Ini akan Meningkat

Palas – Kantor Polres Padanglawas mulai dibangun di atas lahan seluas 5 hektare (Ha). Pembangunan ditandai peletakan batu pertama oleh Kapoldasu Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi, Senin (24/11) di Desa Siborna Bunut, Kecamatan Sosa. Tanah tersebut merupakan hibah dari Pemkab Palas yang sebelumnya dihibahkan PT PHG.
Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Palas yang telah memfasilitasi penyerahan pertapakan Kantor Polres Palas seluas 5 hektare dari pemberian hibah perusahaan perkebunan kelapa sawit PT PHG. Kapoldasu mengharapkan dengan terbangunnya sarana dan prasaranan kantor Polres Palas akan memaksimalkan fungsi dan layanan kemananan bagi masyarakat Palas.”Dengan adanya Kantor Polres Palas di sini tentunya akan ada pijakan bagi kepolisian untuk menegakkan hukum di daerah ini. Selain juga fungsi lainnya yang akan diberikan kepolisian kepada masyarakat Palas, seperti fungsi fight crime atau memerangi kejahatan, fungsi love humanity atau keramahan dan kecintaan polisi kepada masyarakat di samping fungsi utama sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” ujar Kapoldasu.

Nilai Investasi
Kapoldasu mengatakan, dengan hadirnya Kantor Polres Palas di daerah ini tentunya akan meningkatkan nilai investasi bagi daerah sekitarnya dan akan berdampak pada peningkatan nilai ekonomis masyarakat sekitar. “Mengingat kantor ini nantinya akan beroperasi selama 24 jam, tentunya akan ada masyarakat sekitar yang diuntungkan dengan kondisi ini,” ucapnya.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap dalam sambutannya menyampaikan kondisi geografis dan topografi Kabuapaten Palas yang berpenduduk 183.771 jiwa dengan luas wilayah 4.299.94 km2 atau sekitar 6,12% dari luas Provinsi Sumut. Kemudian, memiliki 12 daerah kecamatan, 303 desa dan 1 kelurahan serta 4 Polsek, yakni Polsek Barumun, Polsek Sosa, Polsek Sosopan dan Polsek Barumun Tengah.

“Bila dibandingkan jumlah luas wilayah Kabupaten Palas dan jumlah penduduknya dengan jumlah Polsek yang ada, tentu hal ini tidak sebanding dengan tuntutan kantibmas yang semakin meningkat. Saya khawatir kenyamanan dan rasa aman masyarakat Palas akan terganggu”, ujar Bupati Palas.

Selain itu, dengan jumlah perkebunan 47 perusahaan yang ada di daerah Palas, tentunya para investor membutuhkan rasa nyaman dan aman dalam bekerja. “Hal inilah yang selalu dituntut oleh para pengusaha perkebunan kepada Pemkab Palas agar Kantor Polres Palas segera berdiri, apalagi jarak tempuh dari Polres Tapsel ke Palas harus menempuh waktu 5 jam dan tuntutan pertambahan penduduk di daerah Palas,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Tapsel AKBP Drs Parluatan Siregar, jajaran Kapolsek se-Palas, Muspida plus Palas, tokoh ulama, pemuda dan masyarakat antusias melihat kedatangan Kapoldasu yang menumpang helikopter milik Poldasu, saat mendarat di Lapangan MAN Sibuhuan mendapat perhatian dan menjadi tontonan warga palas.(medanbisnis)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar