Home / Seputar Madina / Kapolres Madina : Naposo Bulung Adalah Kearifan Lokal

Kapolres Madina : Naposo Bulung Adalah Kearifan Lokal

 

Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji menyalami para pengurus Naposo Nauli Bulung Kelurahan Mompang Jae yang baru dilantik, Minggu (12/8/2018). Foto : Dahlan Batubara

 

PANYABUNGAN UTARA (Mandailing Online) – Naposo Nauli Bulung adalah suatu kearifan lokal di Mandailing di sektor kepemudaan.

Oleh karenanya, Naposo Nauli Bulung harus mampu menjadi contoh tauladan di lingkungan masyarakat, terutama di kalangan generasi muda.

Itu dikatakan Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji dalam pidatonya di pelantikan Naposo Nauli Bulung Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal, Minggu (12/8/2018).

Naposo Nauli Bulung merupakan garda terdepan dalam pemberantasan peredaran narkoba serta penyakit masyarakat lainnya seperti kasus pencabulan.

Peran pemuda melalui Naposo Nauli Bulung sangat diperlukan dalam menghempang laju penyakit masyarakat tersebut.

Oleh karenanya, pemuda harus meningkatkan kegiatan keagamaan untuk menghasilkan individu-individu religius agar narkoba dan penyakit masyarakat dapat terminimalisir.

Kapolres menyatakan institusinya siap melakukan kordinasi secara signifikan dengan Naposo Nauli Bulung.

Dia juga mengingatkan kaum ibu yang menghadiri kegiatan pelantikan itu agar meningkatkan proteksi kepada anak-anaknya di lingkup keluarga agar terhindar dari pergaulan yang menjurus pada penyalahgunaan narkoba dan tindak kriminal lain.

Peran kaum ibu itu banyak. mulai dari kontrol lingkup permainan anaknya di luar rumah, memeriksa dompet anak, lemari pakaian hingga laci penyimpanan barang-barang pribadi si anak.

Pengawasan yang kuat di lingkungan keluarga, ujar kapolres, merupakan salah satu cara ampung membentengi anak-anak dari pergaulan negatif. Sehingga keluarga yang kuat pengawasan akan melahirkan masyarakat yang baik.

Peliput : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.