Home / Seputar Madina / Kebakaran Perkebunan Terus Meluas, 25 Rumah Penduduk Terbakar

Kebakaran Perkebunan Terus Meluas, 25 Rumah Penduduk Terbakar

MUARA BATANG GADIS (Mandailing Online) – Kebakaran hutan dan perkebunan di wilayah Pantai Barat, Mandailing Natal (Madina) kian meluas. Hingga Selasa (18/2/2014) gerakan api tdak saja di areal perkebunan, tetapi sudah merembet ke pemukiman penduduk.

Berdasar data Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Madina, sekitar 25 rumah warga di SP I dan SP II di Kecamatan Mara Batang Gadis terbakar hangus total.

“Ada sebanyak 25 rumah penduduk di SP I dan SP II Trans Singkuang I Kecamatan Muara Batang Gadis yang terbakar akibat dari meluasnya kebakaran hutan ke wilayah pemukiman penduduk,” kata
Sekretaris BPBD Madina, Zulkhairi menjawab wartawan, Selasa (18/2).

Sejak Minggu malam api mulai masuk ke pemukiman penduduk. Titik api sangat sulit diperediksi akibat wilayah tersebut merupakan lahan gambut.

“Sampai saat ini mobil pemadam masih terus kita tempatkan di wilayah Kecamatan Muara Batang Gadis mengantisipasi meluasnya ke pemukiman penduduk,” terang Zulkhairi.

Sejauh ini pihak BPBD masih memiliki keterbatasan alat dan personil di lapangan. Mobil pemadam hanya 2 unit, dan itu belum efektif karena sewaktu-waktu api bisa saja masuk ke pemukiman warga.

“Di lahan gambut, api kadang tidak terlihat dipermukaan, namun tiba-tiba api sudah menyala, sehingga kita sangat memerlukan penambahan armada untuk mengantisipasi titik-titik api di pemukiman warga,” harapnya.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar