Home / Berita Nasional / Kemenhut Sediakan Lahan 9 Hektar untuk Pengungsi Sinabung

Kemenhut Sediakan Lahan 9 Hektar untuk Pengungsi Sinabung

Jakarta – Kementerian Kehutanan RI menyediakan lahan seluas 9 hektar di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara guna dijadikan penampungan untuk para pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabung.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, lahan tersebut disediakan oleh Kemenhut guna mengantisipasi kekurangan lahan yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat. Meski, diakuinya lokasi lahan tersebut agak jauh, sekitar 20 KM dari Sinabung.

“Kalau bupati dan gubernur tidak mampu menyiapkan lahan, ada kawasan kita di Kabanjahe. Dipakai ayok, kalau tidak ya nggak apa-apa,” kata Zulkifli ketika ditemui di kantor KPK, Jakarta, Kamis (6/2).

Zulkifli Hasan hari ini menyambangi markas Abraham Samad Cs untuk menindaklanjuti kerjasama dalam kajian pencegahan tindak pidana korupsi di bidang Kehutanan.

Zulkifli bilang, sebenarnya ada lahan yang jarak tempuhnya lebih dekat dari Kabanjahe. Tempat itu adalah Taman Nasional Leuseur. Sayangnya, tempat itu tak bisa dijadikan perkampungan atau tempat penampungan warga.

“Tidak boleh kalau mengubah taman nasional, panjang sekali prosesnya. Persetujuan bupati, gubernur, amdalnya cocok, kemudian DPR harus setuju. Padahal ini kan perlunya sekarang. Kalau Taman Leuser kami pasti tidak setujui karena prosesnya akan panjang sekali,” jelas politikus PAN itu.

Kendati begitu, saat ini, kata dia, Pemda setempat tengah mencari solusi guna menyediakan lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat penampungan.

“Saat ini bupati sedang mencari yang paling dekat,” demikian Zulkifli. (rmol)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.