Home / Seputar Madina / Kepala Desa Jangan Terlibat Politik Praktis

Kepala Desa Jangan Terlibat Politik Praktis


Panyabungan, Pejabat Bupati Mandailing Natal Ir Aspan Sopian Batubara mengingatkan seluruh kepala desa yang ada di kabupaten Mandailing Natal agar tidak terlibat dalam politik praktis terutama pada pelaksanaan pemungutan suara ulang Pilkada Kabupaten Mandailing Natal

, dan ia berharap agar seluruh Kepala Desa dapat menempatkan diri di tengah-tengah berbagai kepentingan politik yang berkembang.

Hal tersebut disampaikan saat pelantikan 107 Kepala Desa se Kabupaten Madina di Aula Kantor Bupati Madina Bukit Paya Loting, Panyabungan, Jumat (31/12).

Ditegaskan, agar seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal tidak terbawa arus yang mementingkan golongan tertentu. “Kepala Desa harus turut serta berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada maupun dalam pencegahaan terhadap hal-hal yang dapat mengganggu atau memperkeruh suasana pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Aspan.

Dia menyampaikan, pemungutan suara ulang Pilkada Madina merupakan keputusan Mahkamah Konstitusi dan harus segera dilaksanakan pada tahun 2011. “Saya berharap para kepala Desa di Kabupaten Madina ini untuk bisa menempatkan diri di tengah – tengah kepentingan politik,” harapnya.

Dalam melaksanakan pemerintahan desa ujarnya, tentu membutuhkan dana yang memadai, dan mulai pada tahun anggaran 2009 Pemkab Madina telah mengalokasikan sebagian dana perimbangan yang diterima dari Pemerintah pusat kepada Desa berupa Alokasi Dana Desa.

“Namun kita sangat berharap disamping dana yang telah diberikan agar Kepala Desa mampu menggali potensi-potensi desa sebagai pendapatan asli desa, sehingga berbagai program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dapat dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja desa,” katanya.

Dia juga mengingatkan seluruh Kepala Desa untuk dapat merangkul segenap lapisan masyarakat dan menyatukan kembali pihak-pihak yang berbeda pilihan selama dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa. “Ciptakanlah suasana yang kondusif sehingga dukungan dan partisipasi masyarakat dapat terwujud,” katanya. (sah)
Sumber : Analisa

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: