Home / Seputar Tapsel / Kesbang Linmas Palas Gelar Sosialisasi Narkoba

Kesbang Linmas Palas Gelar Sosialisasi Narkoba

Palas –  Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Padang Lawas, gelar sosialisasi bahaya narkoba bagi para pelajar tingkat SLTA sederajat di daerah ini.
Sosialisasi berlangsung selama tiga hari, (17-19/11) dipusatkan di tiga wilayah kecamatan se-Kabupaten Palas. Untuk wilayah 1 dipusatkan di Binanga terdiri dari 4 kecamatan yakni Kecamatan Barumun Tengah, Sihapas Barumun, Huristak dan Aek Nabara Barumun.

Wilayah 2, di Kecamatan Sosa, kegiatan diikuti pelajar dari Kecamatan Sosa, Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Batang Lubu Sutam. Sedangkan untuk wilayah 3 dipusatkan di Sibuhuan terdiri dari Kecamatan Barumu, Barumun Selatan, Ulu Barumun, Lubuk Barumun dan Sosopan.

“Para peserta sosalisasi diberikan pengetahuan dan wawasan tentang bahaya narkoba terhadap kesehatan dan moralitas, sekaligus para peserta menjadi kader anti narkoba bagi para pelajar dan remaja lainnya di Kabupaten Palas ini,” kata Kakan Kesbanglinmas Palas, H Panguhum Nasution SSos MAP diwakili stafnya Wyldan Ansori Hasibuan SH MSi.

Wyldan mengatakan kejahatan narkotika bukan permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saja, akan tetapi juga merupakan kejahatan teroganisir dan sudah menjadi permasalahan yang mendunia.

Kapolsek Sosa, AKP Henman Limbong SP yang didampingi Kanit Reskrim, Ipda D Manalu SH, ketika kegiatan di Kecamatan Sosa menyampaikan, mengantisipasi dan menanggulangi kejahatan narkotika, harus didukung dengan peningkatan kwalitas dan kwantitas sumber daya manusia. “Secara tegas dimana tidak hanya memberikan hukuman/sanksi berat bagi para pengedar, bandar narkoba, akan tetapi juga memperhatikan faktor penyalahgunaan terhadap pecandu yang dikategorikan sebagai korban untuk mendapatkan terapi dan rehabilitas,” ucapnya.

Dijelaskan, kejahatan narkotika akan dijerat secara hukum karena melanggar Undang-Undang Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun. “Oleh karena itu, kami menghimbau agar para pelajar dan generasi muda di daerah ini tidak terlibat baik sebagai pemakai maupun pengedar narkoba,” harap Kapolsek Sosa.(medanbisnis)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar