Home / Seputar Madina / Ketua MUI Madina: Puasa Ramadhan Bukan Hukuman

Ketua MUI Madina: Puasa Ramadhan Bukan Hukuman

Mengerjakan Ibadah Puasa pada bulan Ramadhan bukanlah penjara atau hukuman bagi kaum Muslimin. Jika bukan hanya sebatas manahan haus dan lapar, ibadah puasa seseorang justru dapat memberikan sejumlah tingkatan hikmah. Salah satu bentuk hikmahnya adalah peningkatan ukhuah antar sesama Muslim.

Demikian gambaran yang terungkap dalam talk show khas bertajuk “Cerlang Cemerlang” Radio Madina Prima FM 95,1 MHz. Selaku penceramah, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Mandailing Natal (MUI Madina), H. Samsir Batubara pada Jum’at, 19 Juli kemarin.

Menurut Ustadz H. Samsir Batubara, Ibadah Puasa pada Bulan Ramadhan bukanlah hukuman, bukanlah penjara. Mengerjakan puasa itu tidaklah sulit jika dibandingkan imbalan yang mungkin didapat.

Hanya saja, lanjutnya, untuk mendapatkan keberkahan, ampunan dan hikmah besar Ramadhan, seorang Muslim mesti menggali makna puasa lebih dalam.

Tetapi, sebaliknya, yang sering terjadi adalah banyak Muslim yang masih menganggap bahwa puasa itu hanya sekedar menahan haus dan lapar.

Makanya, Samsi Batubara menegaskan, setip Muslim wajib memantapkan pemahamnnya terhadap makna Bulan Puasa. Sehingga Kaum Muslim diperkenankan Allah SWT untuk mendapat hikmah yang lebih tinggi, yakni memiliki ukhuah yang lebih solid, dekat dan kuat. Sebaliknya, puasa dapat meminimalkan atau menonkan konflik antar sesama Muslim.

Usai mengisi “Cerlang Cemerlang” itu, H. Samsir Batubara mengungkapkan reporter Ramadhan Episentrum dan Mandailing Online, acara yang disiarkan setiap pkl 17.00-18.00 WIB tersebut merupakan hasil kerja sama MUI Madina dengan Radio Madina Prima.

Dalam kerja sama itu, MUI Madina bertanggungjawab mengutus penceramah untuk mengisinya setiap hari.

Samsir Batubara juga mengatakan, acara Cerlang Cemerlang Ramadhan 1434 itu sangat pasitif dan tergolong sukses. Karena itu, pengajar di Pesantren Musthofawiyah itu berharap agar kerja sama antara MUI Madina dan Radio Madina Prima.

Comments

Komentar Anda

One comment

Silahkan Anda Beri Komentar