Home / Seputar Madina / KPU Madina Wujudkan Website Akses Bagi Penyandang Disabilitas

KPU Madina Wujudkan Website Akses Bagi Penyandang Disabilitas

Ketua dan Anggota KPU Madina, Sekretaris KPU Madina, Dinas Kominfo Madina Dalam Acara Launching Website Akses KPU Madina

Panyabungan, Mandailing Online

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) resmi meluncurkan Website Aksesibilitas berbasis suara pertama di Indonesia. Peluncuran Website tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Madina, Agus Salam yang berlangsung di Aula KPU Madina pada tanggal 14 maret 2017.

Perubahan ini dibuat untuk mendukung program website Akses KPU untuk Kaum berkebutuhan khusus/Disabilitas. Salah satu perubahan dalam Website tersebut antara lain; perubahan teks alternatif pada gambar, termasuk teks alternatif pada audio dan video, dan perubahan warna. Seluruh teks juga dapat diperbesar dan diperkecil, begitu juga dengan dokumen dibuat dengan versi akses seperti word, doc, dan pdf, serta seluruh bagian laman/menu juga dapat diakses hanya dengan menggunakan papan keyboard dan yang terpenting adalah bahwa Website ini berbasis suara. Semua bagian teks, menu, fitur, dan konten yang terdapat di dalamnya bisa didengarkan suaranya, artinya pengguna/pengunjung Website ini tidak harus membaca isi Website, cukup dengan meng-klik ‘Mendengarkan Isi Berita, maka konten yang di-klik akan mengaktifkan fitur suara tersebut.

Dalam mendukung Pelayanan Informasi Dan Pelayanan Umum KPU Madina untuk disabilitas dibutuhkan kreativitas dalam perubahan website juga untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi Pemilu di KPU Madina. salah satu kreativitas terkini yang dibuat oleh KPU Madina adalah Website akses bagi penyandang disabilitas.

Ketua KPU Madina Agus Salam dalam sambutannya menyampaikan, selama ini Website hanya bisa diakses oleh masyarakat normal secara umum. Dengan telah diperbaharuinya Website KPU Madina, maka panyandang disabilitas pun sudah dapat mengakses informasi di KPU Madina, karena penyandang disabilitas adalah warga negara yang harus diperhatikan juga hak-haknya, termasuk hak untuk memperoleh informasi.

Salah seorang guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Mandailing Natal (Madina), Odas, yang hadir saat peluncuran Website aksesibilitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) menuturkan, Website KPU Madina sangat membantu dalam upaya menyediakan informasi bagi penyandang disabilitas, khsususnya bagi SLB Negeri Madina (KPU Madina).

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar