Home / Seputar Madina / KTNA Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pestisida Nabati

KTNA Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pestisida Nabati

Parno dari KTNA Sumut menuangkan bahan pembuatan pupuk organik di Panyabungan Utara, Rabu (16/12)

Parno dari KTNA Sumut menuangkan bahan pembuatan pupuk organik di Panyabungan Utara, Rabu (16/12)

PANYABUNGAN UTARA (Mandailing Online) : Pertumbuhan pemakaian pupuk organik dan pestisida nabati harus terus digenjot dalam upaya mengurangi pemakaian berbahan kimia.

Selain sebagai upaya menekan ketergantungan tanaman terhadap pupuk kimia dan pestisida kimia, pemakaian organik dan bahan nabati merupakan tuntutan tren pasar, karena konsumen di dalam negeri masa mendatang akan menjauhi bahan pangan yang mengandung bahaya residu dari pestisida dan pupuk kimia.

Dalam upaya menggenjot pertumbuhan pemakaian organik dan nabati itu, KTNA Madina kerjasama dengan Bagian Perekonomian Pemkab Madina melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati kepada para kelompok tani dan KTNA kecamatan, di Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina), Rabu (16/12).

Parno dari KTNA Sumatera Utara hadir sebagai pemateri pelatihan, dihadiri Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Madina Jhon Amriadi,SP.MM dan Ketua KTNA Madina Rosmala Dewi Nasution.

Di pelatihan itu, selain penyampaian materi dan diskusi, juga dilakukan prektek pencampuran bahan-bahan pembuatan pupuk organik dari bahan pupuk kandang, dedak, arang sekam, gula aren, dan mol/mikroba.

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar