Home / Berita Sumut / Kuota CPNS Sumut Tunggu Izin Menpan

Kuota CPNS Sumut Tunggu Izin Menpan

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) EE Mangindaan diharapkan segera menerbitkan data kuota 7.690 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) se-Sumatera Utara tahun 2010. Sehingga sisa waktu dua bulan sampai akhir tahun bisa dimanfaatkan untuk optimalisasi serapan dana APBD Propinsi Sumut serta 31 kabupaten dan kota yang membuka pendafataran CPNS tahun 2010, lebih maksimal.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Suherman di Medan, Minggu (24/10) menjelaskan, pihaknya sangat berharap respon persetujuan kuota CPNS se Sumut tahun 2010 yang diajukan sekitar Juni-Juli 2010 ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), bisa dipercepat. “Kalau formasinya ditandatangani Menpan bulan ini, maka awal November 2010 sudah bisa dipublikasikan proses penerimaan CPNS 2010 se Sumut, seperti pendaftaran pada pertengahan November, dan pengumuman pada pertengahan Desember,” ucapnya.

Suherman mengaku pihaknya memaklumi kondisi yang menyebabkan belum keluarnya formasi CPNS 2010 se Sumut tersebut. Beberapa di antaranya karena masih banyak daftar tunggu formasi CPNS dari seluruh provinsi, kabupaten, dan kota se Indonesia, yang perlu dibahas BKN dan Kemenpan untuk diambil keputusannya. Pembahasan umumnya menyangkut formasi yang diajukan berdasarkan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan.

“Namun demikian, kita khawatir kalau menunggu terlalu lama, bisa menyebabkan dana penerimaan CPNS tahun 2010 yang dialokasikan dalam APBD, menjadi tidak terpakai,” ungkapnya. Karena itulah, Suherman berharap percepatan hal ini mendapat dukungan legislatif di DPRD Sumut serta legislatf di 31 kabupaten dan kota, mengingat realisasinya sangat terkait efektivitas penggunaan dana APBD di pemda,” ujarnya.

Dari 7.690 kuota CPNS 2010 se Sumut, 290 di antaranya diajukan Pemprop Sumut. Sisanya, oleh 31 kabupaten/kota se Sumut. Dibandingkan formasi CPNS 2009 se Sumut sebanyak 14.114 kuota, terjadi pengurangan sebanyak 6.424 lowongan. Untuk formasi CPNS 2010 se Sumut, Kota Medan merupakan wilayah terbanyak mengajukan kuota. Sedangkan Kota Tanjung Balai, dan Kabupaten Toba Samsir tidak mengajukan kuota penerimaan CPNS 2010. (Hendrik hutabarat)
Sumber : Medan Bisnis

Comments

Komentar Anda