Home / Seputar Tapsel / Lapak Ditertibkan Pedagang Pasrah

Lapak Ditertibkan Pedagang Pasrah


Puluhan petugas dari Satpol PP, tentara dan polisi menertibkan lapak pabukoan di pinggir Jalan Merdeka, Simpang Empat Gunung Tua hingga dekat BRI Gunung Tua, Senin (1/8) siang. Pedagang yang menyaksikan lapaknya ditertibkan hanya bisa pasrah dan melongo.
Penertiban ini dilakukan karena pedagang pabukoan ngotot menggelar lapak dagangannya di pinggir jalan, simpang empat. Padahal, pasar pabukoan yang disediakan Pemkab Paluta bertempat di Los Depan Lapangan Merdeka, Lingkungan III, Kelurahan Pasar Gunung Tua. Selama penertiban, tidak ada perlawanan dari pedagang. Para pedagang pasrah, saat satu per satu meja dan lapak mereka diangkut puluhan petugas ke tempat baru di los depan Lapangan Merdeka.
Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemadam Kebakaran Paluta Drs Agussalim Simatupang, menyebutkan, pemindahan pusat pasar pabukoan tersebut terkait lokasi lama di pelataran Pusat Pasar Gunung Tua yang semakin padat, sehingga tidak mendukung sebagai tempat menjual makanan berbuka saat Ramadan.
“Pasar pabukoan selama Ramadan dipindah ke los depan lapangan Merdeka Gunung Tua. Ini dilakukan untuk menghindari kemacetan,” ucapnya.
Namun, sambungnya, pemkab tidak hanya melakukan penertiban. Pihaknya juga memberi solusi kepada para pedagang pabukoan. Solusi yang ditawarkan adalah pedagang dipindahkan ke los depan Lapangan Merdeka yang khusus didesain untuk pasar pabukoan selama Ramadan. “Para pedagang pabukoan diharapkan memahami tujuan pemkab yang ingin melakukan penataan kota,” ungkapnya.
Mantan Camat Padang Bolak Agussalim, menambahkan, pihaknya tidak akan memberatkan para pedagang. Caranya, dengan tidak melakukan pengutipan sewa tempat. Pedagang hanya dikutip retribusi kebersihan. “Selama ramadan, tidak ada kutipan dalam penyewaan tempat bagi para pedagang pabukoan kecuali retribusi sampah,” pungkasnya.
Pedagang Pasrah
Beberapa pedagang pabukoan mengaku hanya bisa pasrah saat petugas mengangkat kios miliknya ke los depan Lapangan Mereka. Mereka menerima lapak masing-masing dipindahkan. Pedagang juga bersedia menempati lahan baru yang telah disediakan. “Kami pasrah saja, memang ini bukan lahan kami,” tegas mereka.
Penertiban itu juga disaksikan Asisten I Pemkab Paluta Drs Amas Muda Hasibuan, Asisten III Drs Hailullah Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP JW Sijabat, Danramil O5-Padang Bolak Kapten INF Chaidir Harahap, Kakan Satpol PP Drs Aswan Siregar dan Camat Padang Bolak Tunggul P Harahap. (thg)
Sumber : metrosiantar.com

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar