Home / Seputar Tapsel / Lima Kabupaten/Kota Surati Menteri PU

Lima Kabupaten/Kota Surati Menteri PU

Tapsel  – Lima Kepala daerah di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) meliputi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina) Padanglawas (Palas), Padanglawas Utara (Paluta) dan Kota Padangsidimpuan, melayangkan surat bersama kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) atas banyaknya jalinsum yang rusak di Tabagsel. Isi surat tersebut memohon kepada pemerintah pusat melalui kementerian agar serius membangun Jalinsum yang melintas di kelima wilayah itu.

"Atas nama 5 kepala daerah yang ada di Tabagsel ini, saya menyampaikan bahwa kami sudah membuat surat bersama ke Kementrian PU terkait masih banyaknya jalan nasional yang butuh perbaikan di wilayah ini masing-masing," kata Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, kepada wartawan kemarin.

Dikatakan, surat bersama tersebut dibuat dengan tujuan agar kementerian PU segera memperhatikan kondisi badan jalan yang ada di lima kabupaten kota tersebut.
"Dalam surat itu, para kepala daerah memohon kepada pemerintah pusat agar memperhatikan secara serius pembangunan jalan nasional yang ada di Tabagsel ini," ujar politisi asal Partai Golkar itu.

Dicontohkannya, salah satu Jalinsum yang harus mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat adalah Jalinsum Batu Jomba.

Menurutnya, kondisi Jalinsum tersebut saat ini sudah memprihatinkan. Sebab, badan jalan yang ada di wilayah itu mengalami kerusakan cukup parah.
Menurutnya, Jalinsum Batu Jomba merupakan urat nadi penting transportasi untuk menuju daerah-daerah di Pulau Sumatera. Apabila kondisi tersebut tidak segera diperbaiki akan berdampak terhadap ke seluruh sektor, salah satunya perekonomian.
Saat ini lebar badan jalan di Batu Jomba tersebut hanya 2 meter. Harusnya, dengan status Jalinsum lebarnya itu minimal 8 meter.

Menurut dia, menyusutnya badan jalan itu akibat ambruknya badan jalan, karena selama ini tidak ada perbaikan yang serius dari pemerintah pusat. "Kalau ditunggu semakin lama, kemungkinan jalan tersebut bisa terputus," katanya. (medanbisnis)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar