Home / Berita Sumut / Mabes TNI AD Terima Mahasiswa Menjadi Perwira Karier

Mabes TNI AD Terima Mahasiswa Menjadi Perwira Karier


Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD) menerima mahasiswa berbagai jurusan dari perguruan tinggi negeri atau swasta untuk menjadi perwira karier melalui beasiswa TNI.

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Kepandam I/BB) Letnan Kolonel Caj Asren Nasution menjelaskan, jurusan/program studi berakreditasi A untuk pria yang dibutuhkan, yakni Fakultas Psikologi,Fakultas Agama (Dakwah, Theologi Kristen, Theologi Katholik dan Hindu) dan Fakultas Seni (Musik). Pada penerimaan tahun ini sebut Kapendam,Mabes TNI juga menerima mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (Umum dan Gigi), Fakultas MIPA (Apoteker/Farmasi), Fakultas Teknik (Teknik Arsitektur,Teknik Geodesi,Teknik Geologi,Teknik Kimia,Teknik Desain Grafis, Teknik Meteorologi dan Geofisika).

Berikutnya, Fakultas Ilmu Kelautan (Kartografi dan Oceanografi). Sedangkan, untuk wanita dibutuhkan Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Apoteker/Farmasi, Teknik Kimia, dan Ekonomi Akuntansi. Kata Kapendam, bagi mahasiswa yang berminat dari jurusan tersebut dapat mendaftar diri ke sub panda Medan di Ajendam I/BB, Jalan Gatot Subroto KM 7,5 Medan, atau sub panda Padang di Lantamal II/Teluk Bayur Padang, Jalan Bukit Putus Padang.

Persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelamar di antaranya usia pada 1 Maret 2011 tidak lebih dari 25 tahun. Untuk pelamar yang belum lulus Sarjana Kedokteran (S.Ked) khusus Program Sarjana (S1) Jurusan Kedokteran Umum setidaknya sudah menyelesaikan 120 SKS.Bagi pelamar di luar kedokteran usia tidak lebih 23 tahun,yang mendapat 110 SKS tidak lebih 24 tahun dan 130 SKS tidak lebih 25 tahun.

Bagi pelamar Program Diploma (D3) usia tidak lebih 22 tahun jika telah mencapai 80 SKS. Berikutnya tidak lebih 23 tahun jika mencapai 100 SKS. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk Program S1 Kedokteran Umum minimal 2,40,Program S1 lainnya 2,80 dan Program Diploma (D3) 2,70. Pelamar sebutnya,selain tidak pernah dihukum, berbadan sehat jasmani dan rohani juga harus bebas narkoba, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya.

Tinggi badan pria tidak kurang dari 163 cm dan wanita tidak kurang dari 157 cm.Pelamar juga harus belum nikah dan sanggup tidak menikah selama status mahasiswa beasiswa TNI. Pendaftaran mulai,1-31 Desember 2010. Pada waktu mendaftar calon datang sendiri ke tempat pendaftaran, mengisi formulir pendaftaran, dan membawa dokumen asli dan fotokopi yang telah dilegalisir pejabat berwewenang masing-masing 2 (dua) lembar,yakni akte kelahiran/ surat kenal lahir, ijazah SD, SLTP, SLTA, DANEM, KTP calon, dan KTP orang tua/wali, kartu keluarga, dan kartu mahasiswa. Kemudian, surat rekomendasi dari dekan fakultas dilampiri transkrip nilai/ studi berikut indeks prestasi kumulatif (IPK), serta surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polres setempat.(rel)
Sumber: EksposNews

Comments

Komentar Anda