Home / Seputar Madina / Madrastah Kotasiantar Gagas Pendirian Tsanawiyah Plus

Madrastah Kotasiantar Gagas Pendirian Tsanawiyah Plus

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Tahun Ajaran 2014/2015 menjadi sangat istimewa bagi masyarakat Kelurahan Kotasiantar, Panyabungan, Mandailing Natal. Dinamika pendidikan madrastah yang selama ini dikelola sendiri oleh masyarakat terus berprogres membaik.

Selain dapat menamatkan sebanyak 98 murid MDTA Islamiyah Darussalam Kotasiantar, lembaga pendidikan swadaya masyarakat ini juga mewisuda sebanyak 64 anak didik Rohudotul Athfal  Darussalam.

"Dengan penamatan tahun ini, kami mencoba memetakan masa depan 20-30 tahun yang akan datang" kata Ketua Perhimpunan Rohudotul Athfal Darussalam yang juga Kepala Sekolah MDTA Islamiyah Darussalam Kotasiantar, Muhammad Ludfan Nasution, S.Sos kepada wartawan, Selasa (16/6).

 Dikatakannya, melalui kedua sekolah itu seluruh masyarakat dapat berperan dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan dan nilai-nilai dasar Islam dengan relatif lebih baik.

“Seiring dengan itu, tekad kami untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah makin kuat. Setidaknya dalam 10 tahun terakhir, masyarakat sudah bahu membahu untuk memiliki lahan pertapakan khusus untuk cikal-bakal Madrasah Tsanawiyah Darussalam, " ungkapnya.

Pihaknya masih terus menggodog penyempurnaan konsep 'Tsanawiyah Plus'. Konsepnya, selain menerapkan kurikulum sebagaimana tsanawiyah pada umumnya, juga akan dilengkapi dengan asrama  dan aktifitas perkebunan yang produktif sebagai sumber keuangan utama dan wahana mengasah skil dan wawasan bertani para siswa.

Saat ini, Madrasah Tsanawiyah Darussalam sudah memiliki gedung sendiri di atas lahan seluas 20 x 50 meter persegi.  Dua dari tiga ruang belajar yang dibangun sudah siap digunakan. Bahkan, satu kelas sudah memimiliki meubeler lengkap.

Editor    : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar