Home / Seputar Madina / Makam Ulama Ramai Peziarah

Makam Ulama Ramai Peziarah


MADINA-
Sekitar 500-an warga dari berbagai desa di Mandailing Natal berziarah di sejumlah makam ulama dan para syekh di kabupaten tersebut. Ziarah ini bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dengan sosok ulama yang telah banyak berjuang dalam menyebarkan hukum dan syariat agama Islam.
Amatan METRO, Minggu (24/7) sore di makam Syekh Musthafa Husein yang merupakan pendiri pondok pesantren Musthafawiyah Purba Baru di Kecamatan Lembah Sorik Merapi, sekira 500-an kaum ibu dan bapak dari berbagai desa menziarahi makam sosok yang dikenal sebagai ulama besar di Sumut pada era 1800-1950an. Di sekeliling makam Syekh Mustafa ada juga sejumlah makam ulama di komplek pemakaman tersebut.
Usai ziarah dan zikir doa bersama, peziarah yang datang dari berbagai pengajian kaum ibu dan bapak ini menuju pemakaman ulama yang lain, seperti di Desa Pagaran Sigatal, Kecamatan Panyabungan.
Ketua rombongan ziarah makam ulama, KH Ibrahim Zannun saat ditemui METRO mengatakan, ziarah makam para ulama di Madina dilakukan setiap menjelang bulan puasa dan telah berlangsung sejak 20 tahun lalu. ”Tujuan ziarah ke pusara para ulama ini hanya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Artinya dengan sering berziarah diyakini bisa menyadarkan diri kita, di suatu waktu juga melewati maut. Di samping itu kita mengunjungi pusara ulama ini agar masyarakat lebih tau lagi jasa-jasa para ulama yang telah mengajarkan agama Islam di daerah kita ini. Artinya, kita sangat berharap seluruh masyarakat lebih mendekarkan diri kepada Sang Pencipta apalagi sekarang telah mendekati bulan puasa,” terang KH Ibrahim, salah seorang ulama di Madina. (wan)
Sumber : metrosiantar.com

Comments

Komentar Anda

One comment

  1. Semoga arwah para ulama dan mujahidin diterima disisinya..amin

Silahkan Anda Beri Komentar