Home / Olah Raga / Manchester City puncaki klasemen liga utama Inggris

Manchester City puncaki klasemen liga utama Inggris


London, (MO) – Manchester City memuncaki klasemen sementara Liga Utama Inggris setelah menang 5-0 atas Aston Villa pada Sabtu, namun tim peringkat ketiga Chelsea kini menjalani empat pertandingan tanpa kemenangan setelah kalah 1-2 di kandang West Bromwich Albion.

Gol David Silva pada menit ke-43 membawa City unggul di Stadion Etihad, sebelum dua penalti dari Sergio Aguero dan Carlos Tevez – yang didapat karena Andreas Weimann dan Barry Bagnan melakukan handball di kotak terlarang – mengubah skor menjadi 3-0.

Aguero menaklukkan kiper Villa Brad Guzan di tiang dekat untuk mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-67, dan Tevez membukukan gol kelima, saat City melakukan pemanasan menjelang pertandingan penting melawan Real Madrid di Liga Champions pada Rabu (21/11).

Hasil ini membuat Villa masuk zona degradasi dan membuat sang juara bertahan City unggul satu poin atas bekas pemuncak klasemen Manchester United, yang akan kembali merebut posisi puncak jika mereka mampu mengalahkan tuan rumah Norwich City pada Sabtu malam.

Momentum bagus Chelsea di awal musim terlihat telah lenyap setelah mereka menelan kekalahan, ketika bekas klub asuhan Roberto Di Matteo membuat mereka tertinggal empat poin dari puncak klasemen.

Shane Long membawa West Brom unggul di The Hawthorns melalui tandukan di menit kesepuluh, namun Eden Hazard mampu menyamakan kedudukan ketika ia memaksimalkan umpan silang Cesar Azpilicueta enam menit menjelang turun minum.

Tandukan Peter Odemwingie di tiang dekat dari umpan Long membuat tuan rumah kembali unggul lima menit menjelang turun minum, dan masuknya Juan Mata serta Oscar tidak dapat membantu mengubah peruntungan Chelsea.

Kemenangan West Brom membuat mereka dapat mendekati posisi Chelsea di klasemen, dan mereka menyingkirkan Everton ke peringkat keempat setelah pasukan David Moyes takluk 1-2 oleh tim papan bawah Reading.

Steven Naismith menghukum buruknya pertahanan lawan untuk membawa Everton unggul pada menit kesepuluh, namun dua gol Adam Le Fondre di babak kedua – melalui tandukan disusul eksekusi penalti – membuat The Royal akhirnya mencatatkan kemenangan pertama mereka musim ini.

Pada pertarungan antar tim papan bawah, Southampton menang 3-1 atas tuan rumah Queens Park Rangers untuk membuat klub London tersebut tertinggal empat poin di dasar klasemen sekaligus menambah tekanan pada manajer Mark Hughes.

David Hoilett memberi harapan pada QPR ketika ia mencetak gol setelah Rickie Lambert dan jason Puncheon membawa The Saints unggul 2-0, namun gol bunuh diri Anton Ferdinand mengonfirmasi kemenangan bagi pasukan Nigel Adkins sehingga mereka unggul satu poin dari tim penghuni zona degradasi.

Pada pertandingan sebelumnya, penyerang Tottenham Hotspur Emmanuel Adebayor mencetak gol namun kemudian dikeluarkan saat bekas timnya Arsenal bangkit dari ketinggalan untuk menang 5-2 pada derby London Utara di Stadion Emirates.

Pemain Togo ini mencetak gol pembuka pada menit kesepuluh setelah Wojciech Szcesny memblok tembakan Jermain Defoe, namun delapan menit kemudian ia mendapat kartu merah akibat pelanggaran kerasnya terhadap Santi Cazorla.

Tandukan Per Mertesacker di menit ke-24 membuat Arsenal menyamakan kedudukan dan gol-gol dari Lukas Podolski dan Olivier Giroud membuat tuan rumah unggul 3-1 pada babak pertama.

Berikutnya sepakan Cazorla memperbesar keunggulan Arsenal, di mana gareth Bale sempat mempekecil ketinggalan timnya pada menit ke-71 sebelum Theo Walcott memastikan kemenangan The Gunners di masa perpanjangan waktu untuk memproduksi skor yang sama dari pertandingan serupa di musim lalu pada Februari.

“Hari ini kami memperlihatkan kepada orang-orang, betapa bagusnya kami,” tutur Walcott kepada Sky Sports Television.

“Ini memberi kami semangat yang hebat, dan kami memiliki banyak pemain yang kembali bugar dan semua orang sangat percaya diri.”

Di tempat lain, Luis Suarez menambah koleksi golnya menjadi sepuluh gol di liga saat ia mencetak dua gol, ketika Liverpool menang 3-0 atas Wigan.

Gol-gol dari Michu dan Jonathan de Guzman membuat Swansea City menang 2-1 atas Newcastle United, yang membalas satu gol pada masa tambahan waktu melalui Demba Ba.(ant)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar