Home / Seputar Madina / Mandailing Terus Diguyur Hujan, Pengendara Diminta Hati-Hati

Mandailing Terus Diguyur Hujan, Pengendara Diminta Hati-Hati

Bripka Jafar Lubis 281012PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Wilayah Mandailing terus diguyur hujan hampir sebulan terakhir, para pengguna jalan terutama Jalan Lintas Sumatera mulai titik Muara Sipongi di Mandailing Natal hingga titik Sipirok di Tapanuli Selatan atau jalur Tapsel-Palas.

Sejumlah supir antar kota antar provinsi kepada Mandailing Online, Minggu (28/10) mengungkapkan jalanan sepanjang wilayah Mandailing banyak yang licin akibat curah hujan yang tinggi.

Para supir itu berpesan kepada supir yang hendak melawati wilayah Mandailing untuk lebih cermat mengendarai. Apalagi banyak pepohonan di kiri kanan jalan yang berbukit-bukit yang dikhawatirkan tumbang oleh angin yang disertai hujan, serta kemungkinan longsoran tebing jalan.

Khusus di Mandailing Natal, jalur yang dilewati Mura Sipongi-Siabu dan jalur Panyabungan-Natal.

“Dari Panyabungan-Kotanopan-Muara Sipongi sebagai jalur Jalinsum diminta untuk berhati-hati dikarenakan kawasan ini terkenal dengan daerah longsor,” ungkap Kapolsek Kotanopan AKP Huayan Harahap melalui Kanit Lantas Bripka Jafar Lubis kepada wartawan di Kotanopan, Sabtu (27/10).

Menurutnya, hampir setiap hari kawasan ini di guyur hujan, terkadang mulai malam sampai pagi dan kadang sore hari. Kondisi ini mengakibatkan jalan licin dan rawan longsor serta pohon tumbang serta adanya beberapa gundukan tanah disebabkan jalan sedang di perbaiki.

“Jadi kita ingatkan kepada pengguna kenderaan terutama, kepada taxi-taxi, mobil pribadi, bus dan truk agar berhati-hati melewati kawasan ini,” katanya.

Ditambahkannya, di bawah jajaran hukumnya ada beberapa titik yang rawan longsor, yaitu di Muaramais Kecamatan Tambangan, di Desa Hutadangka, Usor Tolang, Muata Botong. Biasanya di setiap hujan deras turun kawasan ini selalu longsor dan banyak terdapat pohon tumbang.

“Kondisi ini di perparah karena sepanjang daerah ini kondisi jalan masih sempit, banyak tikungan tajam dan jurang yang dalam. Jadi untuk meminimalkan angka kecelakaan, kita minta para pengguna jalan berhati-hati,” tegasnya.

Jafar Lubis juga menghimbau kepada pengguna sepeda motor agar selalu memakai helm dan peralatan kenderaan yang di butuhkan lainnya. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar