Home / Seputar Madina / Mandailing Wilayah Rukun Antar Pemeluk Agama

Mandailing Wilayah Rukun Antar Pemeluk Agama

pejabat Pemkab Madina, Tapsel, TNI, polisi, tokoh agama Islam, tokoh agama Nasrani foto bersama di Desa Pardomuan sehari setelah peristiwa amuk massa

pejabat Pemkab Madina, Tapsel, TNI, polisi, tokoh agama Islam, tokoh agama Nasrani foto bersama di Desa Pardomuan sehari setelah peristiwa amuk massa

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Wilayah Mandailing sejak dulu merupakan kawasan yang harmonis serta memiliki tingkat kerukunan antar pemeluk agama yang baik.

Umat muslim yang mayoritas di kawasan Mandailing (Pasaman, Madina, Tapsel, Sidimpuan, Palas, Paluta hingga Sidalu-dalu) selama ini hidup rukun dengan umat Nasrani.

“Oleh karenanya, kita harus menjaga dan melestarikan kerukunan itu,” kata Toguan Nasution, warga Panyabungan kepada Mandailing Online, Selasa (20/9) di pasar Panyabungan.

Dia berharap kepada para tokoh agama Islam dan tokoh agama Nasrani untuk selalu menularkan semangat kerukunan kepada para generasi muda agar kerukunan it uterus terpelihara secara lintas generasi.

Menurutnya, saat ini tingkat benturan ideologi sangat tinggi secara nasional di Indonesia, terutama antara islam dan sekuler. Hal itu sangat berbahaya dalam menyeret kerukunan antar umat beragama ke arah yang tidak sehat.

“Oleh karena itu , kita di Mandailing ini, baik umat Islam maupun umat Nasrani harus hati-hati, jangan sampai titik picu konflik muncul,” katanya.

Peliput  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar