Home / Seputar Madina / Mendesak Penanganan Jalur Sungai Rantopuran Antisipasi Bandang

Mendesak Penanganan Jalur Sungai Rantopuran Antisipasi Bandang

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Mengantisipasi banjir bandang di Sungai Rantopuran, Panyabungan, Mandailing Natal (Madina) yang dibutuhkan adalah penanganan tebing sepanjang sungai.

Penanganannya diharapkan berupa pelebaran dan pengerukan badan sungai, pemasangan dek beton atau bronjong. Pelebaran badan sungai ini diperlukan agar arus deras bandang tidak terhalang yang menyebabkan arus meluap ke pemukiman atau persawahan penduduk.

“intinya, jalan arus air itu jangan dihalangi, diberikan ruang yang lebar agar air tak menerjang ke pemukiman,” kata Yasin Nasution, tokoh pemuda Gunung Tua , Selasa (24/9/2013).

Berdasar pengalaman banjir bandang dalam dua tahun terakhir, bandang di sungai Rantopuran sangat berbahaya terhadap pemukiman penduduk kawasan Gunung Tua Raya, Desa Manyabar, Saba Jambu, Pagaran Tonga dan Gunung Manaon.

Bandang Sungai Rantopuran berbeda dengan bandang Sungai Aek Mata. Arus bandang Sungai Rantopuran selalu membawa kayu-kayu besar yang sangat berbahaya karena menghantam kiri kanan tebing sepanjang sungai.

Menurutnya, pelebaran disertai pemasangan dek di sepanjang titik Gunung Tua Julu hingga kawasan Manyabar sangat mendesak agar pemukiman penduduk tidak terhantam sungai jika terjadi banjir bandang nantinya .

Kayu-kayu yang diseret arus bandang Sungai Rantopuran tidak selalu disebabkan pembukaan hutan, sebab dalam sejarahnya fakta-fakta di era tahun 1960-an di mana pembukaan hutan masih sangat minim, kayu-kayu besar sudah selalu dibawa arus bandang.

Meski begitu, aktivitas pembukaan hutan di kawasan Sopo Batu dan Siobon tetap akan berbahaya secara jangka panjang. Sebab, sekitar 3 ruas anak sungai (rura) Sungai Rantopuran berhulu ke kawasan Desa Siobon.

Penanganan alur Sungai Rantopuran, menurutnya sangat mendesak sebelum terjadi banjir bandang pada tahun –tahunn mendatang.

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

8 comments

Silahkan Anda Beri Komentar