Home / Seputar Madina / Menuntut Ilmu Sambil Berdikari di SMK Negeri 1 Aek Marian

Menuntut Ilmu Sambil Berdikari di SMK Negeri 1 Aek Marian

Sejumlah siswa SMK Negeri 1 Aek Marian, Kecamatan LSM sedang melakukan rehab kandang unggas di Desa Aek Marian. (foto : Rusman/Lias/Abdi)

 

LEMBAH SORIK MARAPI (Mandailing Online) – Saat ini siswa SMK SMK Negeri  1 Aek Marian, Lembah Sorik Marapi, Madina, mulai menekuni praktek budidaya unggas.

Sejumlah siswa jurusan Akribisnis Ternak Unggas melakukan rehabilitasi terhadap kandang ayam yang telah ada disediakan pihak sekolah.

Untuk tahap awal, pekan ini bibit ayam tersuplai berjumlah sekitar 100 ekor.

Para siswa akan mendapatkan dua sisi keuntungan dari program yang digulirkan pihak sekolah itu. Yakni, penguasaan ilmu secara prekatek di satu sisi, dan di sisi lain akan munculnya mental wirausaha di kalangan siswa.

“Itu merupakan tahap awal. Target selanjutnya akan ada sebanyak sekitar 1.000 ekor,”  ujar Marimpun, S.Pd, guru di SMKN 1 Aek Marian, kemarin.

Pengetahuan yang diharapkan dikuasai siswa, menurut Marimpun, meliputi penguasaan sifat unggas, penyakit unggas, metode penanggulangan serta masa-masa pertumbuhan.

Sisi lain, siswa juga akan memperoleh keuntungan secara ekonomi karena sifatanya yang langsung melakukan usaha ternak. Sehingga selain memperoleh pengatahun secara langsung juga memperoleh keuntungan ekonomi.

Hal itu juga akan berdampak munculnya mental berdikari di kalangan siswa, karena selama rentang penguasaan pengetahuan tentang unggas itu, siswa tentunya akan mengalami proses berwiraswasta.

Peliput : Rusman/Lias/Abdi

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar