Home / Seputar Madina / Minum Kopi Mandailing 3.518 Cangkir Tempurung Masuk Rekor MURI

Minum Kopi Mandailing 3.518 Cangkir Tempurung Masuk Rekor MURI

Sejumlah peserta di acara minum kopi massal di Taman Raja Batu, Panyabungan, Kamis (9/3). foto : Takesi

PANYABUNGAN (Mandailing Online)Kabupaten Mandailing Natal berhasil memecahkan rekor MURI minum kopi secara massa sebanyak 1.518 cangkir tempurung.

 

Pihak MURI telah mencatat aksi minum kopi ini dalam catatan Rekor MURI sebagai Minum Kopi Memakai Cangkir Tempurung Kelapa Terbanyak.

Aksi minum kopi missal itu berlangsung di Taman Raja Batu, Panyabungan, Kamis (9/3/2016) bertepatan dengan tanggal Hari Ulang Tahun Kabpaten Mandailing Natal ke-18.

Humas Pemkab Mandailing Natal dalam laporannya menyatakan, minum kopi missal itu dihadiri tim dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Minum kopi massal ini tak memakai gelas, melainkan cangkir yang terbuat dari tempurung kelapa dan sendoknya dari kayu manis.

Piagam MURI untuk rekor Minum Kopi Memakai Cangkir Tempurung Kelapa Terbanyak di Mandailing Natal. (foto : Takesi)

Aksi ini merupakan upaya Pemkab Mandailing Natal dalam memacu popularitas kopi arabika Mandailing yang selama ratusan tahun hingga kini justru lebih populer di Eropa dan dunia internasional dengan sebutan Mandheling Coffee.

Mandheling Coffee sangat terkenal di kancah internasional karena cita rasa dan aromanya belum tertandingi oleh negara-negara penghasil kopi di dunia. Tetapi, kopi Mandailing justru redup secara nasional akibat kopi Mandailing lebih banyak berada di pasaran ekspor.

Pihak MURI telah mencatat aksi minum kopi ini dalam catatan Rekor MURI sebagai minum kopi massal terbanyak memakai tempurung kelapa.

“Meraih rekor MURI untuk minum kopi terbanyak sudah ada. Tapi untuk minum kopi memakai batok kelapa baru ini, dan telah memenuhi salah satu kriteria rekor MURI. Dengan bangga dan hormat museum rekor dunia Indonesia mencatat hal ini sebagai rekor dan hasil penilaian kita ini akan kita bawa ke Pusat," kata Faisal salah satu tim dari MURI.

Piagam dari MURI diserahkan kepada Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution.

Sumber : Humas Pemkab Mandailing Natal

Editor    : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar