Home / Seputar Madina / Musim Badai, Harga Ikan Laut Melonjak

Musim Badai, Harga Ikan Laut Melonjak

pasar keliling panyabungan 020912PANYABUNGAN (MO) – Dalam dua pekan terekhir harga ikan laut di pasar-pasar tradisional Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melonjak luar biasa. Di akhir Ramadan harga masih di kisaran Rp.18.000 per Kg menjadi Rp.35.000 per Kg.

Para pedagang menjelaskan, lonjakan harga ikan laut tersebut akibat menurunnya jumlah tangkapan ikan oleh nelayan pengaruh musim badai dan terang bulan, sehingga banyak nelayan yang tidak melaut.

Suhardi, pedagang ikan laut di Pasar Lama Panyabungan, Minggu (2/9) mengungkapkan, pelonjakan harga itu justru sangat memberatkan pedagang karena berdampak pada tingkat penjualan.

Kenaikan harga menyebabkan terjadinya kelesuan daya beli konsumen, sementara tingkat keuntungan tetap tak terlalu naik meski harga melambung.

Variasi harga, lanjut Suhardi, antar lain untuk jenis gambolo dari Rp.18.000 menjadi Rp.35.000 per Kg, jenis dencis dari Rp.22.000 menjadi Rp.40.000 per Kg.

“Harga terus naik yang dimulai menjelang hari Raya Idul Fitri kemarin, hingga sekarang belum ada tanda-tanda penurunan harga. Ini akibat cuaca yang ekstrim, disamping hasil tangkapan menurun juga banyak nelayan tidak melaut sehingga pasokan ikan menipis,” katanya.

Hal senada juga disampikan nelayan bernama Rusdi, warga Natal, dia mengakui dalam dua minggu terakhir banyak nelayan tidak melakukan aktivitasnya menangkap ikan di laut disebabkan pengaruh cuaca.

“Sebetulnya dari tidak melautnya kita memang sangat berdampak pada perekonomian keluarga, akan tetapi mau bagaimana lagi, untuk menjaga keselamatan terpaksa kita tidak melaut, walupun memang ada juga yang melaut,” katanya.

Rina salah seorang ibu rumah tangga mengatakan, melonjaknya harga ikan laut membuat dia harus mengurangi pembelian ikan laut dan beralih kepada ikan tawar.

“Karena harga ikan laut saat ini sedang naik tajam, saya beralih kepada ikan air tawar untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan, sebab uang belanjaanpun tidak naik diberikan suami,” ujarnya. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar