Home / Seputar Madina / Nelayan Madina Tidak Melaut Akibat Cuaca Badai

Nelayan Madina Tidak Melaut Akibat Cuaca Badai

MUARA BATANG GADIS (Mandailing Online) – Sudah lebih dari sepekan para nelayan di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal (Madina) tidak melaut akibat cuaca buruk dan musim badai.
“Sehingga banyak nelayan yang menggangur,” ungkap Hasmar, seorang nelayan di Kecamatan Muara Batang Gadis kepada waratawan, Minggu lalu (13/10/2013).

Hasmar mengatakan, akibat situasi cuaca badai atau angin barat, semua nelayan tidak pergi mencari ikan di laut karena takut akan bahaya yang mengancam jiwa mereka.

“Jika musim badai seperti ini, kita tidak ada yang berani melaut untuk mencari ikan, dan sebagian nalayan jika untuk mencari ikan itu hanya disungai ikan air tawar, namun ada juga masih nganggur menungu adanya tawaran pekerjaan lain,” katanya.

Hal senada disampikan Mukmin nelayan lain, bahwa kondisi cuaca badai ini bisa berlangsung hingga Bulan Desember sehingga mereka terpaksa mencari pekerjaan lain saperti menjadi buruh perkebunan maupun buruh bangunan.

Katanya, meskipun penghasilan melaut tidak begitu besar, akan tetapi karena pekerjaan sebagai nelayan sudah dari nenek moyang terpaksa mereka tetap mempertahankannya.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

3 comments

Silahkan Anda Beri Komentar