Home / Seputar Madina / Ngabalin Resmi Bermarga Nasution

Ngabalin Resmi Bermarga Nasution

Ali Moechtar Ngabalin

PANYABUNGAN (Mandailing Online) Ali Moectar Ngabalin resmi menyandang marga Nasution. Marga dari suku Mandailing di Sumatera Utara.

Penabalan marga Nasution itu secara resmi ditabalkan oleh sejumlah raja di Kabupaten Mandailing Natal, berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Mandailing Natal, Jum’at malam (31/8/2018).

Acara penabalan itu dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, tokoh masyarakat serta Nagabalin.

Pemeberian marga itu berdasarkan hasil Sidang Kerapatan Adat oleh Raja Panusunan, Anak Ni Raja, Anak Ni Namora, Natoras dan Pemangku Adat se-Mandailing Natal di Sopo Godang, Kotasiantar, Panyabungan, Jum’at (31/8).

Ali Rachman Nasution dari unsur pihak adat yang membacakan surat keputusan penabalan itu menyatakan bahwa Ngabalin telah sah menyandang dan memakai Nasution sehari-hari. Ngabalin juga sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar marga Nasution.

saat penabalan marga

 

usai penabalan marga

Usai ditabalkan marga, Nagabalin menyatakan sangat berterimaksih atas penabalan marga itu. Dia juga menyatakan akan selalu siap berpartisipasi dalam pembangunan Mandailing Natal.

Sementara itu, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution meminta kepada Nagabalin agar di kesempatan berikut untuk membawa istri ke Mandailing Natal agar disandingkan secara adat di pendopo rumah dinas Bupati Mandailing Natal.

Ngabalin yang menjabat sebagai Tenaga Ahli di Kantor Kepala Staf Kepresidenan RI itu melakukan kunjungan ke Mandailing Natal sejak Kamis.

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

One comment

  1. Tidak Saya setujui, karena sepihak, saya melihat penabalan marga ini adalah inisiasi Bupati, bukan reaksi positif tetua adat marga Nasution. Selaku pewaris leluhur Nasution yg sah, saya tidak akui penabalan marga Nasution ini.

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.