Home / Seputar Madina / November-Desember Wilayah Banjir Didominasi Pantai Barat

November-Desember Wilayah Banjir Didominasi Pantai Barat

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Bencana banjir pada msim penghujan medio November-Desember masih didomnasi kawasan Pantai Barat Mandailing Natal (Madina).

Salah satunya kecamatan Ranto Bek. Luapan Sungai Batang Bangko, Sungai Torusan dan Sungai Talap telah menyebabkan sedikitnya 2 kali peristiwa banjir di kecamatan itu.

Peristiwa terkahir menyebabkan sedikitnya 8 desa di Kecamatan Ranto Baek terendam banjir akibat luapan sungai-sungai tersebut, Sabtu (7/12/2013).

Desa-desa tersebut adalah Desa Bonca Bayuon, Padang Silojongan, Muara Bangko, Hutabaringin, Simpang Talap, Ranto Nalinjang, Huta Raja dan Desa Manisak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina Zulkhairi menyatakan luapan 3 sungai ini menyebabkan kerusakan pada rumah penduduk. 3 rusak ringan, 12 rusak berat, jembatan rambin rusak berat dan rusak ringan.

Ketingian air sekitar 1,20 meter di kawasan pemukiman. Sejauh ini sekitar 7 kepala keluarga dengan 38 jiwa mengungsi akibat rumah mereka rusak berat. Mereka mengungsi ke rumah pamili masing-masing. Ada juga beberapa warga lainnya ikut mengungsi.

Sejauh ini, bantuan berupa beras, mie instan, air mineral, kain sarung, selimut dan lainnya sudah dikirim Pemkab Madina guna meringankan penderitan warga. Tim evakuasi juga dikirim.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar