Home / Seputar Madina / Onggara Lubis, KNPI Madina dan Transformasi Pemuda

Onggara Lubis, KNPI Madina dan Transformasi Pemuda

Onggara Lubis berpidato di Musyawarah Luar Biasa KNPI Madina

Onggara Lubis berpidato di Musyawarah Luar Biasa KNPI Madina

KNPI Kabupaten Mandailing Natal kini dipimpin wajah baru. Segudang PR pun telah menanti di depan mata yang harus dituntaskan.

KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) sebagai organisasi konsorsium organisasi kepemudaan memiliki kewajiban membangun karakter generasi muda dalam lalulintas dinamika perjalanan pembangunan di Madina (Mandailing Natal).

Peran pemuda dalam pembangunan di segala sektor sangat urgen, baik sektor ekonomi, pendidikan, budaya hingga sosial. Pemuda memiliki potensi dalam mendorong terjadinya perbaikan-perbaikan di segala sektor.

KNPI juga menjadi agen perubahan secara internal bagi pemuda itu sendiri, mulai dari sikap, karakter hingga mental pemuda. Kondisi pemuda hari ini berarti bicara apa yang akan terjadi kelak. Potret pemuda saat ini ialah gambaran daerah di masa mendatang.

Onggara Lubis yang terpilih sebagai ketua KNPI Madina pada Musyawarah Luar Biasa, Rabu (23/12) lalu memiliki tugas berat. Salah satunya adalah menanggulangi tren peredaran narkotika jenis ganja yang telah menjalar bagai virus di kalangan generasi muda di seluruh pelosok Madina.

KNPI harus merumuskan formula-formula menyetop peradaran dan pemakaiannya yang kian hari makin menjadi-jadi merusak otak-otak genarasi harapan masa depan.

Dalam hal ini, KNPI dibawah kepemimpinan Onggara harus melakukan komunikasi intensif dengan para pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda, ulama, kepolisian, BNK dan pemerintah daerah.

Program-program KNPI Madina, haruslah disertai dengan pencapaian yang progressif, substansial, dan praktis yang tentunya disertai dengan partisipasi generasi muda yang aktif dan positif.

Persoalan ganja masih satu poin dari pelbagai problem Madina yang belum tertuntaskan. Madina yang agraris harus mampu mencapai level agroindustri dalam menyongsong situasi ekonomi yang kian mengglobal.

Pemuda harus mampu memiliki benih-benih penguasaan agribisnis, agroindustri, menerobos pasar, memegang kendali perdagangan karena pemudalah kelak yang akan menjadi pelaku. Tak jadi penonton.

Pemuda masa kini yang lamban dalam mentransformasikan diri dalam dinamika perkembangan inovasi ekonomi dan tehnologi akan memperlambat capaian-capaian kemajuan suatu daerah di masa mendatang.

Kita berharap, Onggara mampu membawa KNPI keluar dari ketertiduran, lalu maju dan bergerak melakukan terobosan-terobosan penting, sehingga peran pemuda dalam formulasi perubahan-perubahan di Madina mampu memeberikan warna dan daya dorong.

Onggara merupakan keturunan Sutan Mangkutur, seorang pahlawan Mandailing Julu yang mampu menggetarkan hegemoni kolonoal Belanda masa lalu. Kita berharap, semangat, idealisme, karakter dan jiwa patriot sang Sutan Mangkutur yang mengalir di tubuh Onggara Lubis mampu menggetarkan jagat Madina dalam dinamika pembangunan Madina secara keseluruhan…semoga. (Dahlan Batubara)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar