Home / Seputar Madina / Padi Siganteng Menggemparkan Petani Madina

Padi Siganteng Menggemparkan Petani Madina

SIABU (Mandailing Online) – Namanya padi Siganteng, satu pengembangan varietas tanaman padi di Desa Huraba, Kecamatan Siabu, Mandailing Natal (Madina). Padi ini telah menjadi buah bibir di kalangan petani karena hasilnya bagai mukzijat.

Betapa tidak, tanaman padi ini mampu menghasilkan 9 ton per hektar, mengalahkan pulau Jawa yang sejauh ini hanya mampu pada angka 7,2 ton per hektar.

Tetapi, kehebatan padi ini masih dianggap dingin oleh Pemkab Madina, buktinya sejauh ini belum ada penangkaran yang dilakukan agar bibit ini bisa disebarkan kepada seluruh petani di Madina guna meningkatkan pendapatan petani serta target capaian gabah secara daerah yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangaka Menengah (RPJM) Kabupaten Madina.

Kepala Dinas Pertanian Madina, Taufik Zulhandra Ritonga misalnya, meski telah mengakui kehebatan padi Siganteng ini, toh dia terlihat tenang-tenang saja dan hanya berkata “Nanti akan kita bawa ke laboratorium”. Padahal, padi Siganteng ini sudah ada sejak tahun 2009 lalu.

Kita berharap, Pemkab Madina bisa gerak cepat melakukan langkah-langkah, misalnya melakukan penangkaran dan menyebarkannya ke seluruh pelosok daerah seraya memboyong sampel ke laboratorium yang selanjutnya mendapat pengakuan sebagai sebuah varietas unggulan.

Peliput/editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar