Home / Seputar Madina / Panyabungan Kecamatan Terbaik

Panyabungan Kecamatan Terbaik

Panyabungan,

Kecamatan Panyabungan terpilih menjadi kecamatan terbaik sehingga berhak mewakili Kabupaten Mandailing Natal (Madina) untuk penilaian kecamatan terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Penilaian kecamatan terbaik ini merupakan reward bagi camat sebagai salah satu motivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Pj Bupati Madina Ir Aspan Sofian Batubara MM diwakili Asisten Pemerintahan Sahnan Pasaribu di Kantor Camat Panyabungan, Senin (11/10/2010).

Dikatakannya, aktualisasi dari hal tersebut Pemkab Madina secara konsen melaksanakan program ini untuk mengetahui sejauh mana kinerja kecamatan dalam berbagai aspek atau indikator penilaian secara objektif terhadap berbagai indikator-indikator penting yang ditentukan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 1998.

“Hasil penilaian yang telah dilakukan merupakan sajian yang optimal dengan pelaksanaan reformasi secara sungguh-sungguh pada pelayanan publik melalui pemberdayaan seluruh perangkat kecamatan dan desa sebagai ujung tombak terlaksananya kegiatan pembangunan dari seluruh aparat kelurahan, dinas/instansi terkait maupun seluruh komponen masyarakat,” sebutnya.

Dikatakan, Pemkab Madina membentuk tim penilaian kecamatan terbaik dengan hasil akhir kerja tim ditetapkanlah Kecamatan Panyabungan sebagai kecamatan terbaik melalui Keputusan Bupati Madina Nomor 135/512/K2010 Tanggal 24 Agustus 2010 tentang kecamatan terbaik tingkat kabupaten dan selanjutnya akan menjadi wakil Madina mengikuti penilaian kecamatan terbaik tingkat provinsi.

“Kecamatan Panyabungan sebagai Ibukota Kabupaten Mandailing Natal dalam jangka waktu 10 tahun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat yang sangat signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), PDRB masyarakat Madina merupakan peringkat kedua di Sumatera Utara,” sebutnya.

Menurutnya, keberhasilan yang telah dicapai diberbagai sektor baik dalam bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, ketentraman dan ketertiban masyarakat merupakan kerjasama yang baik antara muspika dan masyarakat.

Selain itu Kecamatan Panyabungan merupakan salah satu kecamatan yang memprioritaskan pelayanan prima kepada masyarakat seperti dalam hal penyaluran raskin, pelayanan program PNPM Mandiri, kepengurusan surat-surat termasuk surat keterangan pindah dan KTP secara cepat dan tepat sasaran.

“Kendala yang dihadapi dalam memberhasilkan pelaksanan program peningkatan pendapatan asli daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan adalah akibat belum adanya penerapan sanksi tegas terhadap penunggak pajak serta objek pajak yang berdomisili di luar daerah Madina,” katanya.

Selanjutnya diharapkan, sebagai seorang pamong atau pelayan, camat dan seluruh jajaran pemerintahan kecamatan serta Muspika Panyabungan jangan cepat puas atas prestasi yang telah diraih saat ini.

“Teruslah berbenah diri, meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam melaksanakan pelayanan publik serta mengutamakan kepemimpnan dalam pendekatan terhadap masyarakat sehingga setiap program kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” harapnya. (BS-026)
sumber: beritasumut

Comments

Komentar Anda