Home / Seputar Tapsel / Pasokan Terbatas, Harga Beras Mahal

Pasokan Terbatas, Harga Beras Mahal


SIPIROK- Harga berbagai jenis di Pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, mahal. Dalam sebulan terakhir harga beras bertahan sekitar Rp160 ribu per kaleng (16 kg). Padahal, akhir Desember harga beras masih Rp140 ribu per kaleng.
Menurut sejumlah pedagang, harga beras yang mahal dipicu pasokan gabah dari petani di wilayah Sipirok terbatas. Pasokan terbatas disebabkan petani menyimpan gabah dan menjual beras pada pengumpul ketika belum masuk masa panen. Salahsatu penampung dan pengecer berbagai jenis beras di Pasar Sipirok, UD Irpan, kepada METRO, Jumat (4/2), mengatakan, kenaikan harga sudah beberapa kali terjadi dan bertahan dalam sebulan terakhir.
“Sebenarnya sudah beberapa kali mengalami kenaikan. Namun, harga lebih tinggi sudah berlangsung dalam sebulan terakhir,” sebutnya.
“Biasanya, seminggu kita bisa mengumpul 500 kaleng. Tapi, kali ini hanya 100 kaleng, terkadang tak sampai,” tambahnya.
Ia menambahkan, beras yang dikumpul sebagian akan dijual kepada toke atau pedagang dari wilayah lain, seperti Psp. Namun, dengan berkurangnya pasokan beras dari warga, beras tersebut hanya untuk diecer pada warga (pembeli) eceran di Sipirok saja.
“Kita tak bisa lagi mengoper ke daerah lain. Untuk kebutuhan di sini saja sudah kurang,” sebutnya.
Adapun harga beras yang berhasil dicatut METRO adalah, beras Silatihan Rp160 ribu per kaleng sebelumnya Rp140 ribu per kaleng. Siporang Rp150 ribu per kaleng dari Rp130 ribu per kaleng. Ciherang, 64, Siramos, Sipulo Pandan dan jenis lainya Rp140 ribu per kaleng dari Rp120 ribu per kaleng.
Sementara itu, Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sipirok, Porkas Harahap, kepada METRO, Jumat (4/2), mengatakan, kenaikan harga bukan lah semata-mata disebabkan berkurangnya pendapatan petani pada tahun ini, tetapi memang secara nasional harga beras melambung tinggi.
“Belum tentu pendapatan (produksi) petani menurun. Sebab, belum kita evaluasi. Nanti lah kita evaluasi dulu apakah memang menurun. Tetapi kenaikan harga tidak terlalu berpengaruh dengan menurunnya hasil petani di wilayah kita. Tapi, memang kondisi harga beras secara umum naik,” terangnya. (ran)
Harga Beras di Pasar Sipirok
Nama Satuan Sekarang Sebelum
Silatihan per kaleng Rp160 ribu Rp140 ribu
Siporang per kaleng Rp150 ribu Rp130 ribu
Ciherang per kaleng Rp140 ribu Rp120 ribu
Jenis 64 per kaleng Rp140 ribu Rp120 ribu
Siramos per kaleng Rp140 ribu Rp120 ribu
Sipulo Pandan per kaleng Rp140 ribu Rp120 ribu
Sumber: Sejumlah Pedagang
Sumber : Metro Tabagsel

Comments

Komentar Anda