Home / Seputar Madina / Paya Bulan Terkenal Karena Biola Namabugang

Paya Bulan Terkenal Karena Biola Namabugang

 

Demam Film Biola Namabungan sudah lama reda. Tapi siapa sangka film lokal ini ternyata menelurkan demam baru bagi masyarakat Mandailing Natal.

Paya Bulan begitulah orang menyebutnya. Tempat ini tiba-tiba naik daun berkat keindahannya lewat sorotan kamera saat pengambilan gambar film Biola Namabugang I.

Dari rasa penasaran, Paya Bulan kemudian ramai di bicarakan, dikunjungi hingga jadi tempat wisata. Nyaris setiap hari tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh warga Mandailing Natal. Bila hari libur tiba, Paya Bulan pun menjadi semakin ramai di kunjungi. Peminatnyapun tidak hanya kaula muda. Keluarga dan masyarakat umumpun mulai menjadikan lokasi ini untuk mengisi hari libur.

Secara georafis, Paya Bulan terletak di kaki Gunung Sorik Merapi, tepatnya di Desa Pangkat, Kecamatan Lembah Sorik Merapi. Lokasinya pun mudah dijangkau. Paya Bulan hanya berkisar 1 KM dari Jalan Lintas Sumatera sehingga mudah di akses oleh pengunjung.

Sepintas, Paya Bulan terlihat seperti hamparan Sabana, dengan padang rumput yang luas, dan di tumbuhi pepohonan. Kolam alami seluas 50 meter persegi menambah indah dan sejuk pemandangan Paya Bulan. Lokasinya yang tinggi membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang amat mempesona.

Melirik ke arah Timur, terlihat hamparan Bukit Barisan yang menghijau hingga ke Utara. Di arah Selatan berdiri kokoh puncak Gunung Sorik Merapi dengan kepulan asap nya.

Menikmati liburan hari Minggu bersama keluarga di Paya Bulan mungkin saat ini pilihan yang tepat. Pengujung bisa makan bersama di atas padang rumput sambil menikmati desiran angin dan suara alam dan pemandangan. Namun sebaiknya pengunjung yang berkeluarga membawa bekal makanan dari rumah. Di tempat ini belum menyediakan rumah makan atau restouran untuk pengunjung.

Bagi kaula muda sudah barang tentu Paya Bulan menjadi lokasi tervaforit untuk berwisata bersama sang kekasih. Kondisi alamnya yang romantis menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi mereka yang suka dengan lokasi bergenre ala India.

 

Peliput : Pendi Lubis

Editor  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar