Home / Seputar Madina / Peduli kunci sukses berantas malaria

Peduli kunci sukses berantas malaria

PANYABUNGAN – Kepedulian masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal yang begitu tinggi dalam kesadaran pemberantasan bibit penyakit malaria menjadi modal utama dan kunci sukses dalam pencapaian visi misi Madina bebas dari penyakit malaria tahun 2020.

Langkah tersebut semakin efisien dan strategis dengan didukung 6 program pokok penanggulangan malaria. Kemudia teraplikasikan secara luas lewat dibentuknya Kantor Pusat Penanggulangan Malaria yang tersebar di 23 kecamatan dan 395 desa/keluarahan, yang merupakan endemis tinggi dan sedang malaria.

Hal itu dijelasakan Kakan Pusat Penanggulangan Malaria Madina, Arifin Fauzi Lubis, pagi ini.

Dikatakan, terbentuknya kantor pusat penanggulangan malaria diharapkan menjadi penanggulangan malaria supaya lebih terpusat, terpadu, terukur, terarah dan terencana dengan prinsip pada nilai-nilai ilmiah yag objektif, profesional, transparan dan akuntabel.

Saat ini, kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang penyakit malaria sudah semakin tinggi. Itu dapat dilihat dengan dari tingginya kunjungan pasien ke beberapa klinik malaria, puskesms, rumah sakit umum dan sarana kesehatan swasta lainnya untuk melakukan pemeriksaan dini.

Editor: SASTROY BANGUN
sumber :waspada

Comments

Komentar Anda