Home / Seputar Madina / Pembangunan Bandara di Mandailing Natal Ditarget Tahun Depan

Pembangunan Bandara di Mandailing Natal Ditarget Tahun Depan

Sketsa gedung terminal bandara di Mandailing Natal. (foto : Antara/Holik Nasution)

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pembangunan bandara di Mandailing Natal ditarget tahun depan.

Pembangunan dan operasional bandara ini akan dikelola oleh Angkasa Pura

Bandara yang terletak di Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal  ini telah memenuhi persyaratan administratif dan tehnis dan ditetapkan sebagai lokasi bandara udara oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Pemenuhan persyaratan administratif dan tehnis itu berdasar Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP 1278 tahun 2018 10 Agustus 2018 tentang penetapan lokasi bandara udara Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Pembangunan Bandara Bukit Malintang yang anggarannya dari Kementerian Perhubungan ini direncanakan pembangunannya akan dimulai pada tahun 2019 yang akan datang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal, Hendra Adi Saputra menjawab ANTARA, Jumat (24/8) menyatakan, pembangunan bandara Bukit Malintang ini telah melewati beberapa tahap seperti tahap master pland, penetapan lokasi dan saat ini sudah masuk ketahap penyelesaian Rencana Teknis Terinci (RTT) sesi darat dan sesi udara.

Untuk rencana tekhnis terinci sesi darat tersebut ketahap penyelesaian Rencana Teknis Terinci (RTT) sesi darat ini sendiri meliputi pagar gedung, terminal kedatangan dan keberangkatan, gedung tower dan gedung pemadam kebakaran serta fasilitas pendukung lainnya.

“Untuk rencana tekhnis sesi darat gambar layout terminal bandara sudah selesai digambar,” katanya.

Sedangkan untuk rencana teknis terinci sesi udara juga saat ini sudah diambil alih oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan direncanakan semuanya sudah selesai pada tahun ini juga

“Untuk semua sesi semuanya sudah selesai hanya tambahnya nanti penyerahan sertifikat pembangunan bandara oleh Bupati ke Kementrian Perhubungan melalui Sekjen Kementerian,” ujarnya.

Dengan diserahkannya nanti sertifikat pembangunan bandara tersebut kepada Angkasa Pura maka pembangunan dan operasional bandara ini akan dikelola oleh Angkasa Pura.

Untuk tekhnis pembangunan bandara ini sendiri nantinya akan dilakukan secara bertahap yang mana untuk pembangunan Run Waynya pada tahap pertama yang akan dibangun sepanjang 1,6 KM sedangkan sisanya akan dilakukan menyusul.

“Kita berharap dengan selesainya seluruh administrsi untuk bandara ini dana bisa terkucur di tahun 2019 sehingga pembangunnanya  segera dimulai,” harap Hendra.

Sumber : Antara/Holik Nasution

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.