Home / Seputar Madina / Pemerintah-Swasta Harus Sejalan

Pemerintah-Swasta Harus Sejalan

 

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Safaruddin Haji 250313

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pengembangan ekonomi di Kabupaten Mandailing Natal itu titik beratnya berada di sektor agribisnis, karena wilayah ini merupakan daerah agraris. Terutama karet, kopi dan sawit.

Perlu lebih dipertegas pola dan desain strategi bagi mendorong pertumbuhan sektor agribisnis tersebut oleh pemerintah daerah dan keterlibatan pihak swasta lokal serta mendorong pola fikir masyarakat secara luas terhadap dinamika agribisnis.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Mandailing Natal, Syafaruddin Aji Lubis menjawab wartawan, kemarin di Panyabungan, menyatakan bahwa keterpaduan konsep dan pandangan harus ada antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam upaya memajukan sektor agribisnis itu.

Menurutnya, animo pihak swasta terhadap sektor ini sudah ada. Hanya saja dibutuhkan keseriusan pemerintah daerah dari sisi relugasi maupun peningkatan infrastruktur pada sentra-sentra pengembangan agribisnis yang ditetapkan.

Dari sisi relugasi misalnya, terkait soal kepastian status lahan. Dimana masih banyak lahan-lahan kosong yang berstatus hutan produksi terbatas (HPT) untuk dapat keabsahan penguasaan lahan  secara permanen agar ada jaminan kelangsungan berusaha.

Dari sisi infrastruktur, pemerintah daerah tentunya memetakan sentra-sentra untuk memfokuskan pembukaan maupun perbaikan jalan yang merupakan salah satu kebutuhan dalam rangka pertumbuhan investasi di sektor ini.

Pria yang akrab disapa Engkong ini, juga menyatakan bahwa keterpaduan antara pemerintah daerah dengan kalangan swasta harus diperkuat, baik dari sisi konsep, perencanaan, strategi maupun permodalan.

Misalnya, jika skemanya adalah pendirian perusahaan daerah (PD), maka keterpaduan antara dua pihak harus sinergis. Posisi pemerintah daerah selaku yang mendirikan PD akan didukung dan diperkuat oleh pihak swasta.

Dalam hal ini penyertaan saham dari pihak swasta pada PD tersebut sangat bagus untuk memperkuat dan pada pencapaian target-target pengembangan yang direncanakan.

Engkong sejauh ini melihat pola keterpaduan antara pemerintah daerah dengan swasta lokal merupakan jalan yang sangat pas untuk ditempuh. Karena pola ini akan mendorong munculnya sinergitas kedua pihak dari sisi idealisme kedaerahan dalam pengembangan agribisnis. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar