Home / Seputar Tapsel / Pemkab Diminta Bantu Korban Bencana Alam

Pemkab Diminta Bantu Korban Bencana Alam

PALAS, (MO) – Aktivis Kabupaten Palas, Safran Harahap SH meminta kepada eksekutif dan legislatif agar melakukan pengkajian penanganan terhadap masyarakat yang mengalami korban bencana. Pemkab disarankan memberikan bantuan bagi masyarakat yang mengalami kerugian material akibat bencana alam.

“Pemerintah harus mengkajinya, termasuk apa solusi yang akan diberikan bagi masyarakat yang mengalami kerugian material akibat bencana,” jelas Safran, Rabu (20/2). Dijelaskannya, contoh dalam masalah ini adalah bagi masyarakat yang kebunnya seperti sawit dan karetnya terkena bencana, padahal sebagian besar sudah ada yang produktif. Namun akibat bencana ini, mereka tidak bisa panen sama sekali dan menderita kerugian yang besar.

“Makanya perlu dilakukan solusi, baik itu penganggaran dana bantuannya maupun hal lainnya. Agar para korban bencana bisa terbantu mengurangi bebannya,” ungkapnya. Disatu sisi, sebutnya, persoalan yang sebagian masyarakat kebunnya yang sudah diagunkan ke perbankan, tapi terkena bencana, tentu hal ini akan menjadi beban lagi bagi korban bencana itu.

“Inilah yang harus dilakukan pengkajian bersama, termasuk anggaran dana dan solusinya,” ucapnya. Sebelumnya, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) sudah memerintahkan agar masyarakat yang terkena bencana didata secara detail dengan tujuan untuk menjadi laporan dan solusi dalam mengatasi korban bencana.

“Tanggap darurat sudah kita lakukan, tentu pasca bencana akan kita kaji solusi bersama, sesuai peraturan yang ada, termasuk berupa bantuan dan lainnya,” tukasnya. (amr)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar