Home / Seputar Tapsel / Pemkab Gratiskan 25 Kios Parbukoan

Pemkab Gratiskan 25 Kios Parbukoan

PALAS-Untuk membantu masyarakat khususnya pedagang makanan dan minuman (mamin) berbuka puasa, dan untuk membuat suasana kota terlihat tertib, rapi, dan lalu-lintasnya lancar, Plt Bupati Padang Lawas (Palas) membuat satu kebijakan yang sangat positif.. Sejak hari pertama dan 15 hari ke depan di bulan Ramadan, Pemkab Palas membuka 25 kios tempat parbukoan, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Palas. Dengan adanya kios ini tidak ada lagi pedagang yang berjualan di trotoar. Masyarakat yang akan menggunakannnya tidak dikutip biaya atau gratis.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Kadisperindagkop) Palas, Drs H Tobing Hasibuan didampingi seorang stafnya, Iwan Siregar, Jumat (20/7) mengatakan, pembukaan kios parbukoan tersebut merupakan intruksi Plt Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap. Nantinya pedagang mamin yang menggunakannya tidak dikutip biaya atau gratis.

Namun, dibalik pembukaan 20 kios parbukoan ini, Pemkab Palas berharap, agar pedagang mamin yang bisanya berjualan di trotoar jalan, agar dengan kesadaran sendiri pindah ke Lapangan Lapangan Merdeka Sibuhuan. “Perlu diingat, saat ini Disperindagkop sudah menyurati kecamatan, agar pedagang mamin bukaan puasa yang berada di trotoar jalan pindah ke Lapangan Merdeka Sibuhuan. Hal ini demi untuk ketertiban dan kelancaran lalu-lintas,” ucap Kadis.

Saat ini, tambah Drs H Tobing Hasibuan, pembangunan ke-25 kios hampir rampung, dan nantinya masyarakat akan bisa membeli jajanan bukaan puasa dan lauk pauknya di Lapangan Merdeka. Semua instansi terkait akan dilibatkan dalam pengamanan, termasuk Dinas Perhubungan, Stapol PP.

Plt Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap mengatakan, kebijakan dengan membuka 25 kios Parbukoan secara gratis di Lapangan Merdeka Sibuhuan dilakukannya untuk membantu pedagang mamin bukaan puasa yang selama ini tidak memiliki lapak tempat berjualan. Dengan adanya kios parbukaan tersebut, tidak ada lagi pedagang berjualan di trotoar. “Makanannya pasti bersih dan sehat, masyarakat juga akan mudah menyantap hidangan dan membeli bukaan puasa di kios yang telah disediakan secara geratis tersebut,” ucap Bupati H Ali Sutan Harahap. (amr/mer.metrotabagsel)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar