Home / Seputar Madina / Pemkab Harus Gerak Cepat Stop Penularan AIDS di Madina

Pemkab Harus Gerak Cepat Stop Penularan AIDS di Madina

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dihimbau melakukan langkah-langkah strategis menyetop penularan virus HIV (human immunodeficiency virus) penyebab penyakit AIDS.

Langkah cepat dan tepat dibutuhkan agar virus itu tidak menyebar di daerah ini terkait ditemukannya 3 pria terindikasi HIV di Madina oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Madina saat proses pemeriksaan darah sebelum transfusi darah beberapa bulan lalu.
.
Ketiga pria itu, 2 diantaranya diketahui sebagai homosex, satu lagi pria normal. Data ini diakui oleh petugas PMI tiga pekan lalu.

Ketua PMI Madina, Yusuf Nasution menjawab Mandailing Online via telefon seluler, Selasa (26/11/2013) mengakui telah melaporkan temuan itu kepada Tengku Fadli saat menjabat Kepala Dinas Kesehatan Madina beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Madina, Drg, Ismail Lubis, Selasa (26/11/2013) tidak membantah adanya penduduk Madina yang terinfeksi virus HIV.

Hanya saja, data yang ada di dinas itu cuma satu orang yang mengidap virus HIV, yakni seorang pria berdomisili di Panyabungan Timur.

Ismail Lubis menyatakan pihaknya telah melakukan langkah penyetopan penularan dari pria ini dengan menganjurkan agar pria itu tidak melakukan hubungan badan dengan pasangannya, tidak melakukan transfusi darah serta tindakan lain penyebab menularnya virus itu.

Pernah juga diusung program pemeriksaan kesehatan para narapidana di lembaga pemasyarakatan, sosialisasi tentang HIV kepada masyarakat serta adanya disediakan klinik pemeriksaan di RSU Panyabungan.

Sementara itu, DPRD Madina menyatakan upaya Dinas Kesehatan itu belum maksimal. Dinas Kesehatan Madina harus segera melakukan langkah pemeriksaan kesehatan semua pria homoseks dan wanita pelacur yang ada di Madina. Sebab, dugaan sejauh ini, yang terinfeksi virus HIV itu didominasi kaum homo.

Anggota DPRD Madina, Iskandar Hasibuan, Rabu (27/11/2013) juga menghimbau Dinas Kesehatan Madina agar tidak menutup-nutupi data jumlah penduduk Madina yang terinfeksi virus HIV penyebab penyakit AIDS.

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar