Home / Seputar Madina / Pemkab Madina Aktifkan Pasar Yang Pernah Mati

Pemkab Madina Aktifkan Pasar Yang Pernah Mati

Panyabungan (MO)– Upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, Dinas Prindag Koperasi dan Pasar Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan mengoperasikan kembali pasar-pasar tradisional yang pernah mati alias tidak berpungsi selama ini.
Kepala Dinas Prindag Koperasi dan Pasar, Lismulyadi Nasution melalui Kabid Pasar Ir.Mangatas Tua Nasution kepada Mandailing Online, Selasa (15/2) diruang kerjanya, mengatakan, pasar terdisional yang diaktifkan kembali antara lain, Pasar Singkuang Kecamatan Muara Batanggadis, Pasar Pulo Padang Kecamatan Linggabayu, Pasar Longat Kecamatan Panyabungan Selatan dan Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot. Kesemuanya masuk type pasar klas III.
Pasar-pasar tersebut mati akibat berbagai faktor, meliputi penunjang pasilitas tidak memadai semisal tidak adanya akses jalan yang bagus, bangunan kurang bagi tempat pedagang dan kurangnya daya beli masyarakat.
“Namun pada sekarang ini diaktipkan karena adanya pemekaran kecamatan, fasilitas penunjang, baik itu pasilitas jalan menuju pasar maupun untuk pembangunan berbagai tempat untuk pedagang telah disiapkan,” katanya.
Selain untuk peningkatan ekonomi dan mengkaper ekonomi masyarakat, pengefektipan kembali pasar juga untuk meningkatkan PAD yang menjadi kewajiban bagian pasar.
“Kita ketahui bersama pengelolaan PAD pasar telah diserahkan kepada pihak Kecamatan, maka untuk pencapaian terget tersebut perlu untuk menghidupkan pasar-pasar yang pernah mati itu, tentu juga dari perkembangan perekonomian masyarakatnya yang semakin membaik,” jelasnya. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar