Home / Seputar Madina / Pemkab Madina dan PT.STTC Jejaki Pengembagan Tembakau

Pemkab Madina dan PT.STTC Jejaki Pengembagan Tembakau

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Dinas Kehutanan Perkebunan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan penjajakan pasar tembakau Madina dengan pihak PT.STTC Medan.

Pihak STTC yang bergerak di sektor industri rokok sejauh ini sudah menyatakan bersedia sebagai mitra penampung tembakau yang dihasilkan petani Madina. Termasuk pengauatan petani dengan pasokan bibit tembakau.

Kepala Dinas Perkebunan Kehutanan, Mara Ondak melalui Kasi Perkebunan A.Yasir Lubis SP kepada wartawan, pekan lalu bahwa pembicaraan dengan pihak STTC sudah dilangsungkan dan berjalan sukses.

“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan pembicaraan dengan Pak Tarulin dan Pak Acai dari PT. STTC Medan prihal upaya menampung hasil tembakau dari petani di Madina,” katanya.

Pihak STTC menyatakan kesediannya membantu petani dari sisi bibit tembakau. Semantara pembinaan dan pengolahan pasca penen dibimbing oleh PT. STTC dan Dishutbun Madina.

Jika tak ada kendala, program kerjasama dengan PT.STTC itu akan dimulai pada tahun ini, dimana Dishutbun akan langsung membawa STTC ke lokasi bertemu dengan petani.

“harapan kita pola kemitraan ini berjalan baik, pada akhirnya petani tidak lagi bigung lagi menjual hasil panennya dan hargapun memuaskan,” harapnya. (mar)

Leave a Reply

%d bloggers like this: