Home / Seputar Madina / Pemkab Madina : FPPAB Harus Giat Melestarikan dan Menggali Budaya Mandailing

Pemkab Madina : FPPAB Harus Giat Melestarikan dan Menggali Budaya Mandailing

Rahmad Hidayat

Rahmad Hidayat

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Mandailing terutama di wilayah Mandailing Natal memiliki banyak kekayaan adat dan budaya serta sejarah yang memerlukan pelestarian, pengembangan dan pengalian-penggalian.

Kekayaan itu berupa adat, seni arsitektur, seni musik, tarian, sastra, busana, kuliner dan situs-situs peninggalan sejarah Mandailing masa lampau.

Berbagai kekayaan itu memerlukan pelestarian, pengembangan serta penggalian terutama penggalian yang bersifat arkeologi.

Itu diungkapkan Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Madina, Rahmad Hidayat, S.Pd di acara Konsolidasi Sosialisai Organisasi Pengembangan dan Pelestarian Adat dan Budaya se-Kabupaten Mandailing Natal di aula Hotel Abara, Panyabungan, Senin (24/10).

Pemerintah daerah sendiri sejauh ini terus berupaya dalam melestarikan dan mengembangkan. Dalam hal ini, peran serta lembaga Forum Pengembangan Pelestarian Adat dan Budaya Mandailing Natal merupakan mitra kerja pemerintah yang sangat urgen dalam wacana ini.  

Oleh karenanya, Rahmad mengharapkan, forum ini mampu melahirkan rekomendasi-rekomendasi pelestarian dan penguatan adat dan budaya sebagai bahan bagi pemerintah daerah untuk melahirkan kebijakan-kebijakan ke depan.

Peliput  : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar