Home / Seputar Madina / Pengerukan Irigasi Batang Gadis

Pengerukan Irigasi Batang Gadis

Petani Merasa Terbantu Pengerukan Irigasi Batang Gadis Madina Sepanjang 20 KM
Ket Fhoto : Nampak alat berat sedang melakukan pembersihan saluran Irigasi Batang Gadis Madina dari lumpur untuk memperlancar pengairan pada persawahan masyarakat.
Panyabungan MO-Adanya pengerukan irigasi Batang Gadis oleh Pemerintah dengan tujuan untuk memperlancar pengairan pada persawahan disambut gembira oleh para petani yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terutama lahan pertanian yang mengharapkan pengairan dari irigasi raksasa ini, demikian pengakuan Muklan Nasution (54) petani sawah di Desa Gunungtua Iparbondar Kecamatan Panyabungan kepada Mandailing Online, Minggu (29/7) usai melihat pengerjaan pengerukan oleh alat berat.
Katanya, sejek selesainya pembangunan proyek raksasa puluhan tahun yang lewat ini ribuan hektar lahan persawahan masyarakat bisa terbantu pengairannya, sehingga kehadirannya sangat membantu khususnya masyarakat petani sawah.
“ Kita ketahui pembangunan Irigasi Batang Gadis ini banyak masyarakat yang merasa di untungkan bukan saja kita para petani akan tetepi dari berbagai kalangan masyarakat juga terbantu, misalnya jalan menuju pertanian, terbukanya pemukiman baru, yang intinya ini benar-benar membantu perekonomian masyarakat. Apalagi dengan dilaksanakannya pengerukan pada saluran skunder yang sudah mulai mepet tentu juga akan sangat membantu,” ujarnya.
Hal senada juga disampikan Darwis (42) petani lainnya bahwa pengerukan ini adalah yang ditunggu-tunggu karena sebelum ini debit air untuk mengairi persawahannya berkurang akibat banyaknya lumpur berada pada saluran irigasi.
“ Karena itulah kita sangat berharap usai pengerukan dikerjakan pasokan air baik itu untuk lahan pertanian maupun untuk kolam ikan masyarakat tidak terkendala lagi, sehingga tidak lagi menjadi perebutan air antara sesama petani,” harapnya.
Pantauan Mandailing Online, pengerukan galian saluran yang sedang dikerjakan itu sepanjang 20 KM diamana dalam pengerjaannya dampak banyak sekali lumpur yang diangkat dari dalam saluran yang diperkirakan sebagi penghambat pensupleian air terhadap lahan-lahan pertanian warga.
“ Kita dalam pengerjaan pembersihan saluran irigasi dari lumpur untuk memperlancar pasokan air kepada masyarakat,” ujar pekerja tanpa mau ditulis namanya itu. mar

Mandailing Online Maradotang Pulungan

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar